Sarapan Karbohidrat Olahan Bikin Wajahmu Terlihat Tua? Ini Kata Studi Terbaru!

Roti gandum
Sumber :
  • Pixabay/FotoshopTofs

VIVA Lifestyle  – Jika kamu ingin terlihat terbaik di pagi hari, mungkin sebaiknya untuk menukar kue-kue olahan ultra-proses dan jus buah dengan roti gandum utuh dan teh tanpa gula.

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Peneliti di Prancis menemukan bahwa orang yang sarapan kaya karbohidrat olahan dinilai kurang menarik dibandingkan dengan mereka yang memulai hari dengan karbohidrat tak olahan yang lebih sehat.

Ilustrasi Kue

Photo :
  • Zeelandia Indonesia
Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Para ilmuwan di Universitas Montpellier percaya bahwa pergeseran halus dalam daya tarik wajah mungkin dipicu oleh perubahan kadar gula darah dan insulin yang dapat memengaruhi penampilan kulit dan memiliki efek jangka panjang pada hormon seks.

“Menarik untuk dipertimbangkan, tetapi pilihan diet kita dapat memiliki efek cepat pada penampilan kita,” kata Dr. Claire Berticat, seorang ahli biologi evolusi dan penulis pertama studi tersebut, dikutip dari The Guardian Jumat, 8 Maret 2024. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

“Perubahan fisiologis ini bisa sedikit mengubah fitur wajah, memengaruhi bagaimana orang lain menilai daya Tarik,” imbuhnya.

Para peneliti merekrut 52 pria dan 52 wanita berusia 20 hingga 30 tahun dan secara acak menugaskan mereka untuk memiliki sarapan 500 kalori kaya karbohidrat olahan atau tak olahan. 

Roti gandum

Photo :
  • Times of India

Sarapan karbohidrat olahan termasuk roti baguette Prancis dari tepung industri, selai, jus apel atau jeruk, dan teh atau kopi dengan gula tersedia. Makanan karbohidrat tak olahan adalah roti gandum utuh yang digiling batu dengan mentega dan keju, jeruk atau apel, dan teh atau kopi tanpa gula.

Para ilmuwan mengukur kadar gula darah sukarelawan sebelum dan setelah mereka makan, lalu mengambil foto kepala peserta di bawah kondisi pencahayaan terkontrol. Foto-foto tersebut kemudian diserahkan kepada sekelompok penilai untuk memperkirakan seberapa tua, seberapa maskulin atau feminin, dan seberapa menarik individu tersebut terlihat.

Menulis di Plos One, para peneliti mengklaim bahwa mengonsumsi karbohidrat olahan untuk sarapan menurunkan daya tarik wajah baik pada pria maupun wanita, meskipun efek jangka panjang dari mengonsumsi makanan tersebut, yang diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh para sukarelawan, lebih rumit.

“Efek ini bervariasi menurut jenis kelamin dan jenis makanan, menekankan hubungan yang kompleks antara diet dan daya tarik,” kata Berticat. 

“Temuan kami menjadi pengingat yang meyakinkan tentang dampak luas dari pilihan diet tidak hanya pada kesehatan tetapi juga pada karakteristik yang memiliki pentingnya sosial tertentu seperti daya tarik wajah,” terangnya.

Karbohidrat olahan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang tubuhnya menanggapi dengan melepaskan insulin. Respons ini bisa menjadikan kadar gula terlalu rendah, suatu kondisi yang disebut hipoglikemia, dan memengaruhi aliran darah dan penampilan kulit. Dalam studi tersebut, hanya sarapan karbohidrat olahan yang menghasilkan hipoglikemia.

David Perrett, seorang profesor psikologi di Universitas St Andrews, yang telah mempelajari petunjuk wajah untuk kesehatan, mengatakan tidak seharusnya ada kejutan bahwa diet mempengaruhi daya tarik. Buah dan sayuran meningkatkan daya tarik dengan meningkatkan pigmen tanaman yang disebut karotenoid dalam kulit, katanya, sementara diet tinggi gula bisa membuat kulit menua.

“Para penulis menyarankan bahwa karbohidrat olahan bisa memengaruhi aliran darah perifer. Aliran darah dapat mengubah penampilan kulit dengan sangat cepat. Seseorang bisa melihat dampaknya dalam hitungan detik dalam hal merasa mual ketika darah mengalir dari kulit. Kami menemukan bahwa kebanyakan orang terlihat lebih sehat, dan lebih menarik, ketika warna kulit mereka mencerminkan peningkatan sedikit dalam darah yang teroksigenasi,” kata Perrett.

Ditanya apa saran yang akan diberikannya kepada orang-orang yang ingin terlihat terbaik, Berticat menganjurkan untuk mereka membatasi konsumsi karbohidrat olahan.

“Kita tahu bahwa karbohidrat olahan memiliki dampak negatif pada kesehatan dan itu sudah cukup alasan untuk membatasi konsumsinya,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya