Ajarkan Tanggung Jawab pada Anak Lewat Puasa Ramadan

Ilustrasi anak berbuka puasa.
Sumber :
  • Pixabay/ambroochizafer

VIVA.co.id – Si kecil yang belum beranjak dewasa, memang belum diwajibkan untuk berpuasa. Namun, di saat Ramadan datang, tak ada salahnya mengajarkannya untuk mulai menahan hawa nafsu, agar dipermudah untuk berpuasa di kemudian hari.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Dikutip dari Thoughtco, Rabu 31 Mei 2017, saat bulan Ramadan, sebaiknya Anda mulai memaparkan pada si kecil bagaimana nikmatnya menjalani hari dengan berpuasa. Di samping itu, bisa juga mulai mengajarkan si kecil untuk mampu berpuasa sesuai dengan kemampuannya.

Misalnya, usahakan agar si kecil bisa berpuasa penuh satu kali dalam satu minggu. Cara ini biasanya efektif membuat si kecil mulai memaknai arti berpuasa.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Jika si kecil sudah mulai bersekolah, berikan ia pilihan untuk berpuasa. Di sini, si kecil mulai diajak untuk bertanggung jawab pada kemampuannya untuk berpuasa di bulan Ramadan. Katakan pada buah hati Anda, berpuasa merupakan bagian dari tanggung jawab yang harus dimilikinya sendiri dalam menjaga hawa nafsu hingga Magrib menjelang.

Selain berpuasa, berikan padangan pada si kecil, bahwa bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Salah satu cara untuk membuatnya merasakan hal tersebut, yaitu dengan mengajarkannya menabung dan mendonasikan tabungan tersebut untuk mereka yang membutuhkan.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Tidak hanya itu, ajak juga si kecil untuk membantu Anda mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa. Serta, tidak lupa, bantu si kecil untuk mempelajari dan membaca Alquran di waktu senggangnya saat berpuasa. (asp)

Ririn Ekawati dan buah hati.

Tips Mengajarkan Anak Puasa ala Ririn Ekawati

Menurut Ririn Ekawati, salah satu cara terbaik dalam mengajarkan anak puasa adalah dengan memperkenalkan konsep berpuasa pada si kecil secara bertahap.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2022