Telat Beri MPASI untuk Bayi Picu Anak Jadi Picky Eater

Ilustrasi bayi makan makanan pendamping ASI
Sumber :
  • pixabay/Advisor

VIVA.co.id – Sama seperti momen pertama dalam setiap periode tumbuh kembang anak, makan juga menjadi momen berharga yang harus diperhatikan orangtua. Pemberian makanan setelah ASI, harus diberikan pada waktu yang tepat dan dengan jenis makanan yang tepat pula.

Kapan Waktu Tepat Berikan Camilan untuk Si Kecil?

Menurut dokter spesialis anak Dr. dr. Conny Tanjung, SpA(K), dalam mempersiapkan makanan pertama untuk anak, perlu diperhatikan juga kesiapan anak. Lalu, orangtua pun harus mempersiapkan diri untuk melihat zat nutrisi apa yang berperan untuk tumbuh kembang anak.

"Biasanya yang dikatakan dalam guideline WHO, MPASI dimulai usia enam bulan. Tapi harus diingat juga, orang tua perlu melihat pertumbuhan anak. Kalau di usia 5 bulan mengalami pertumbuhan yang lambat atau tidak sesuai kurva pertumbuhan dari WHO, sebaiknya jangan diberi MPASI dulu," ujar Conny kepada VIVA.co.id.

MPASI Cukup Hanya Pakai Buah dan Air Tajin? Ini Kata Dokter

Tapi, selama pertumbuhannya normal dan tidak mengalami masalah, usia lima bulan ke atas sudah harus belajar mengonsumsi MPASI. Jika pemberian MPASI ini terlambat, maka ada efek yang berbahaya bagi anak.

"Jangan berikan lewat dari usia 6 bulan, misalnya di usia 8 bulan, hal ini akan menghambat kemampuan makan anak," lanjut Conny.

Asah Perkembangan Motorik Anak Lewat Bentuk Camilan

Karena, anak juga perlu latihan mengunyah. Di usia awal, kemampuan lidah anak adalah bergerak ke depan dan belakang. Kemudian, di usia lebih besar lagi, lidahnya mampu bergerak ke samping. Jika keterampilan ini tidak dilatih, dia tidak akan bisa mengunyah dan jika terlambat akan mempengaruhi keterampilan makannya.

Bahkan, tidak terbangunnya keterampilan makan ini bisa membuat anak harus menjalani terapi makan. Selain itu, dampak buruk lainnya adalah anak akan tumbuh menjadi picky eater.

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

4 Resep Olahan Sup Lezat Tinggi Nutrisi Buat Si Kecil, Dijamin Lahap Makan

Salah satu makanan yang lezat dan memiliki kandungan gizi tinggi adalah resep olahan sup sehat. Dengan menghidangkan sup, Moms bisa memasukkan protein dan juga sayuran.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2023