Konsumsi Ikan Ampuh Tingkatkan IQ Si Kecil

Ikan salmon
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mengonsumsi ikan ternyata ampuh meningkatkan kualitas IQ si kecil. Menurut penelitian terbaru, kelompok anak yang rutin konsumsi ikan laut, memiliki IQ lebih baik dibanding mereka yang tidak rutin.

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Dilansir dari NYPost, peneliti menganalisis 541 anak berusia 9-11 tahun dengan mengonsumsi ikan sekali seminggu secara rutin. Hasilnya, IQ mereka lebih tinggi 5 poin dibanding yang tidak rutin mengonsumsi ikan.

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report itu, menjelaskan bahwa mereka yang berusia muda dan mengonsumsi ikan laut secara rutin, memiliki waktu tidur dan istirahat lebih baik. Kandungan omega 3 dari ikan, disebutkan berperan besar dalam kualitas tidur anak dan meningkatkan IQ.

Pentingnya Asupan Protein Hewani Pada Anak untuk Cegah Stunting

Penelitian tersebut mencakup kuesioner terkait seberapa sering anak mengonsumsi ikan. Kemudian, peneliti meminta anak-anak tersebut melakukan sebuah tes IQ melalui Wechsler Intelligence Scale for Children-Revised.

Para orangtua anak-anak juga diberikan pertanyaan terkait kualitas tidur si kecil. Di mana pertanyaan mencakup durasi tidur si kecil serta gangguan tidur yang mungkin dialami anak.

Menkes Ungkap Jenis Pangan Terbaik Cegah Masalah Gizi Anak

"Kami melihat bahwa omega 3 hanya didapat secara alami dari makanan dan bukan suplemen," ujar peneliti.
 

ilustrasi sarden

Geger 12 Orang Keracunan Ikan Sarden, 1 Orang Dilaporkan Tewas

Belum lama ini negara Prancis sedang digegerkan dengan kejadian yang tak biasa, yaitu orang-orang mengalami keracunan setelah memakan ikan sarden. Insiden itu ada korban

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023