Pesona Puncak Gunung Api Kelud

Indahnya pemandangan di Puncak Gunung Kelud
Sumber :
  • VIVA/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Untuk para traveler yang gemar menjelajah wisata alam pegunungan, mungkin sudah tidak asing dengan wisata alam Gunung Kelud Kediri yang terletak di Jawa Timur. 

Dekat dari Jakarta, Hotel Ini Sajikan Pemandangan Khas Pegunungan

Gunung Kelud, yang memiliki tinggi 1731 meter ini,  menjadi salah satu gunung berapi berstatus aktif.  Tercatat gunung ini sudah meletus sebanyak 20 kali selama abad 20-an ini, dan letusan terakhirnya adalah pada 2014. 

Walaupun beberapa objek wisata tertutup akibat letusan gunung berapi, itu bukan alasan untuk tidak mendatangi gunung dengan pemandangan yang luar biasa indah. 

Ini 6 Pilihan Gunung Bagi yang Baru Mulai Hobi Mendaki

Harga tiket wisata Gunung Kelud pun cukup murah,  yaitu Rp5 ribu pada hari kerja, dan Rp10 ribu pada hari libur. Namun jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda menuju Gunung Kelud, Anda dapat menggunakan jeep adventure dengan harga mulai dari Rp275 untuk empat orang. Anda dapat merasakan sensasi serunya off road di lereng Gunung Kelud. 

Sesampainya di puncak, Anda akan disambut dengan keindahan kawah Gunung Kelut yang dikelilingi oleh tiga puncak gunung, yakni puncak Gajah Mungkur, puncak Kelud, dan puncak Sumbing yang menambah keindahan kawah Gunung Kelut, yang berwarna kehijauan tersebut. 

Festival Pesona Tambora 2018 Hadirkan 8 Negara

"Jika ditarik menggunakan garis imajiner antara tiga puncak inilah ketinggian Gunung Kelud yang sesungguhnya. Dalam manuskrip Pararaton, dipercaya dapat melihat pantai selatan dari puncak Gunung Kelud sesungguhnya," ucap arkeolog, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kediri, Eko Priatno saat ditemui oleh VIVA di Kediri, Jawa Timur, beberapa saat lalu. 

Indahnya pemandangan di Puncak Gunung Kelud

Eko juga mengatakan, saat ini Gunung Kelud masih berstatus aktif. Para pengunjung yang datang sebaiknya tetap menjaga jarak dari kawah gunung, karena kawah gunung masih bersifat panas. 

Walaupun begitu ada banyak hal yang dapat dilakukan di Gunung Kelud ini. Selain memandangi alam yang sangat indah, pengunjung yang datang juga dapat berburu matahari terbit dari puncak Gunung Kelud, hingga berswa foto dengan latar belakang kawah yang hijau. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa kamera, karena di sini terdapat jasa foto langsung jadi dengan harga Rp10 ribu saja.

Puncak Gunung Kelud

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya