Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Ilustrasi asuransi perjalanan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Masyarakat Indonesia semakin gemar liburan ke luar negeri. Pasalnya, banyak maskapai menawarkan tiket murah, dan tarif tempat menginap murah di setiap negara. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Meningkatnya permintaan perjalanan ke luar negeri ternyata diikuti dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi perjalanan. Hal ini dibenarkan Head of Travel and Affinity Business Sompo Insurance, Maria Susana. 

"Sampai saat ini dari beberapa pengalaman saya, asuransi perjalanan terlihat meningkat," ujarnya kepada VIVA saat ditemui dalam acara Astindo Fair 2018 di JCC Senayan Jakarta. 

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi perjalanan tidak lain, karena kesadaran masyarakat yang cukup tinggi, dan pengalaman anggota keluarga yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri. 

"Jadi berdasarkan pengalaman itu yang membangun dan memengaruhi mereka untuk menggunakan jasa asuransi perjalanan," kata dia. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Maria memberi tips memilih asuransi perjalanan. Pertama, traveler menentukan target destinasi, dan bersama siapa saja yang akan ikut dalam perjalanan. 

"Jadi kan ada beberapa plan (program), ada individu, dual atau keluarga, jadi mereka bisa menyesuaikan plan-nya. Plan individu untuk single traveler, dual untuk dua orang, akan lebih hemat keluarga dengan anak tiga maksimal," ujar dia. 

Tidak hanya itu, hal kedua yang harus diingat traveler harus jeli dengan tipe produk yang ditawarkan. Ada beberapa tipe produk asuransi yang bisa dipilih para traveler, antara lain, asuransi medis, keterlambatan pesawat, dan kehilangan bagasi. 

"Karena itu masalah yang sering terjadi.” (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya