5 Destinasi Wisata Ekstrem yang Bikin 'Jantung Copot'

Kereta Gantung di Pantai Timang Gunungkidul
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Ketika dilanda stres akibat padatnya pekerjaan atau pun tugas kuliah, rasanya ingin melarikan diri dengan berlibur. Sebagian generasi muda tidak jarang akan memilih wisata yang memacu adrenalin. 

Ragam Destinasi Penang Wajib Masuk List, Salah Satunya Berdiri di Tali Tertinggi Dunia

Dengan harapan bisa melepaskan kepenatan, beban pikiran dan perasaan melalui aktivitas ekstrem tersebut. Hal itu juga menjanjikan berikan perasaan senang, segar dan bahagia.

Asyiknya, tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menemukan wisata ekstrem, sebab Indonesia ternyata menyimpan banyak destinasi wisata ekstrem yang menegangkan. 

Lepaskan Tali Pengaman, Pria Ini Melompat Menuju Kematiannya

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata ekstrem di Indonesia yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Kereta Gantung di Pantai Timang

4 Tempat Wisata Ekstrem di Dunia

Sempat menjadi lokasi syuting variety show asal Korea Selatan, Running Man, beberapa waktu lalu. Tempat itu sudah cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara penggila aktivitas ekstrem. Selain memiliki keindahan alam menakjubkan, pantai tersebut juga memiliki kereta gantung tradisional yang menantang dan memicu adrenalin. 

Kereta gantung yang hanya diisi oleh satu orang ini akan membuat degup jantung seakan mau lepas. Karena kereta gantung yang ditarik oleh manusia ini berada tepat di deburan ombak yang menabrak karang.  
 
Untuk diketahui, kereta gantung tradisional itu merupakan salah satu transportasi masyarakat setempat untuk mencari lobster yang ada di Pulau Timang. 

2. Air Terjun Aling-Aling, Bali

Selama beberapa tahun belakangan air terjun ini telah menjadi destinasi populer terutama bagi para pecinta wisata ekstrem. Anda ditantang untuk terjun dari atas tebing ke kolam Air Terjun Aling-Aling. Selain bisa menikmati keindahan alam di daerah sekitar, Anda juga bisa berseluncur di tengah aliran air terjun. 

3. Gunung Api bawah laut, Banua Wuhu, Sulawesi Utara

Bagi para pecinta olahraga selam mungkin sudah terbiasa untuk menyelami kedalaman laut Indonesia, khususnya di wilayah timur Indonesia. Namun, bagaimana jika menyelam sambil sembari menikmati gunung api di bawah laut yang masih aktif? Seru sekaligus menegangkan bukan?

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi Banua Wuhu yang ada di Sulawesi Utara. Di sini Anda akan menemukan terumbu karang yang masih bisa hidup di suhu air yang cukup hangat. 

Anda juga akan menemukan beberapa bagian, di mana terdapat gelembung-gelembung udara naik ke permukaan. Gelembung itu keluar dari perut gunung sehingga suhunya sangat panas. Tidak hanya itu, beberapa penyelam pun sering merasakan adanya gemuruh saat menyelam di sini.  

4. Berselancar mengarungi ombak di Mentawai Sumatera Barat

Jika Anda pecinta pantai dan ombak tidak ada salahnya untuk memacu adrenalin dengan berselancar di bawah gulungan ombak di pulau Mentawai, Sumatera Barat. Ombak di pulau Mentawai memang merupakan salah satu ombak terbaik di dunia dengan tinggi ombak antara 1,5 hingga 4,5 meter. 

5. Tebing Blue Lagoon, Bali

Tidak hanya menawarkan wisata alam, budaya hingga kuliner. Bali juga menawarkan berbagai wisata ekstrem bagi para wisatawan. 

Salah satunya adalah melompat bebas dari tebing dengan ketinggian 13 meter di Blue Lagon. Meski demikian, Anda harus sabar menunggu hingga ombak tenang untuk bisa melompat di tempat yang berada di Nusa Ceningan ini.  

Bagaimana, siap untuk memacu adrenalin?
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya