Jangan Beli 6 Barang Ini di Bandara, Kamu Bakal Rugi

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Melakukan perjalanan wisata menggunakan pesawat terbilang menyenangkan. Salah satu alasannya adalah kamu bisa menghemat waktu lebih banyak dibandingkan jika menempuh jalur darat.

137 Pesawat Batal Terbang Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Akhirnya Kembali Dibuka

Namun, yang tidak mengenakkan ketika menggunakan pesawat adalah harus siap dengan situasi delay atau keterlambatan penerbangan. Ketika momen itu terjadi, kamu akan merasa bosan dan beralih melakukan berbagai hal untuk menghilangkan kejenuhan. Salah satunya adalah belanja.

Tapi tahukah kamu ternyata ada beberapa item belanjaan yang sebaiknya tidak kamu beli ketika di Bandara karena bisa bikin kamu rugi. Apa sajakah?

Aktivitas Bandara Sam Ratulangi Kini Kembali Normal usai Erupsi Gunung Ruang

Berikut ini enam item yang sebaiknya tidak dibeli ketika di bandara karena harganya yang bisa meningkat beberapa kali lipat, seperti dilansir dari Reader's Digest.

1. Wi-Fi

Menhub Pede Bandara Jenderal Besar A.H. Nasution Bakal Pacu Potensi Ekonomi di Mandailing Natal

Setiap orang di dunia memang tidak pernah bisa lepas dari koneksi internet. Namun, cukup katakan tidak untuk membayar Wi-Fi di bandara.

Layar sentuh smartphone

Coleman Collis, mantan traveler sekaligus penulis buku The Road Warrior: A Practical Guide to Maintaining Your Health, Productivity, and Sanity While Traveling for Work mengatakan bahwa Wi-Fi bandara lambat dan sangat mahal.

"Tapi yang lebih penting, perjalanan menjadi momen sempurna untuk bebas dari internet. Email kamu bisa menunggu," katanya. Daripada berselancar di dunia maya, kamu bisa membaca atau duduk diam.

2. Makanan

Berbelanja beberapa makanan sering dilakukan orang-orang dengan alasan untuk menghindari sakit di pesawat. Tetapi apa pun yang kamu lakukan, jangan membeli makanan di bandara.

"Secara universal, makanan di bandara terlalu mahal, tidak terlalu enak, tidak terlalu baik untuk kamu, atau kombinasi dari ketiganya," kata Collins.

Selain itu, bagi kebanyakan pelancong, makan di bandara semata-mata sebagai cara untuk menghabiskan waktu, dan bukan karena mereka benar-benar lapar.

3. Menukar mata uang asing

Mata Uang Asing Dollar Amerika

Jangan menukar uang kamu dengan mata uang asing di bandara, kata Jennifer McDermott, seorang penasihat konsumen dan mantan ahli strategi komunikasi untuk sebuah perusahaan travel besar.

"Mengingat minimnya persaingan antara tempat pertukaran mata uang di bandara, tempat penukaran uang di sana cenderung mengenakan biaya tinggi dan jauh dari nilai tukar terbaik," kata dia.

Jennifer menyarankan untuk menunggu sampai tiba di tujuan dan mengambil uang dari mesin Anjungan Tunai Mandiri alias ATM di sana. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan nilai tukar yang jauh lebih baik.

4. Bantal leher

Sebelum perjalanan, pastikan membeli bantal leher jika kamu akan melakukan penerbangan panjang. Begitu saran Arik Kislin, pemilik Gansevoort Hotel dan Alerion Aviation, perusahaan jet pribadi. Tapi jangan pernah membeli bantal leher di bandara, sebab yang dijual di bandara terlalu mahal dan telah dicoba oleh banyak pelancong.

5. Obat-obatan

Orang yang cenderung mabuk perjalanan tidak pernah bisa lepas dari obat-obatan. Tapi, jangan pernah membelinya di bandara karena harganya selalu naik berkali-kali lipat dibandingkan dengan jika di luar bandara.

6. Cokelat

Cokelat batang.

Cokelat sangat bagus, dan juga baik untuk otak. Tapi jangan membelinya di bandara. Hal ini kembali karena alasan harga yang bisa melonjak dua hingga tiga kali lipat dibandingkan di supermarket.

"Mereka mencoba membuatnya terlihat lebih menarik dengan menyediakan ukuran besar. Tapi apakah kamu benar-benar membutuhkan banyak cokelat dengan harga segitu?" kata Brittnay Sharman dari Traveling Housesitters. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya