5 Destinasi Wisata di Indonesia Mirip Kota di Eropa  

Little Venice di Puncak Cipanas
Sumber :
  • Instragram

VIVA – Eropa menjadi salah satu destinasi impian setiap wisatawan untuk dikunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengurungkan niatnya. 

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Hal ini tidak lain karena terkendala biaya liburan yang cukup mahal, serta diperlukan visa untuk berkunjung ke sana.

Namun, Anda tidak usah berkecil hati. Sebab, beberapa daerah di Indonesia memiliki destinasi wisata yang dibuat mirip suasana di Eropa. 

Alam Indonesia Unik, Berpotensi Kembangkan Geopark Skala Dunia

Berikut ini lima destinasi Eropa kecil di Indonesia, seperti dilansir dari berbagai sumber. 

1. The World Landmark atau Merapi Park Yogyakarta

Suku Baduy Ingin Lokasi Adatnya Hilang dari Peta Wisata Indonesia

Tempat wisata di Hargobinangun, Pakem, Sleman ini menyajikan banyak bangunan unik berupa replika landmark terkenal di dunia. Sebut saja kincir angin Belanda, Menara Eiffel, hingga Menara Pisa Italia.

Bukan hanya sekadar berswafoto di beberapa bangunan ikonik dunia, tempat ini juga memiliki Museum Gunung Merapi. Di sini Anda bisa melihat ragam benda yang menjadi saksi bisu meletusnya Gunung Merapi. Taman ini juga diketahui akan dilengkapi dengan botanical garden, waterpark dan juga replika taman satwa. Taman dibuka setiap hari kecuali hari Selasa.

2. Little Venice

Berada di desa Sukanagalih, kawasan Pacet, Puncak Cipanas, destinasi ini menyuguhkan pemandangan khas Venice. Salah satunya adalah kanal buatan lengkap dengan gondola khas Italia. Dengan harga Rp20 ribu per orang Anda pun bisa menikmati liburan layaknya berada di Venice Italia.

Selain perahu, ada juga kapal, sepeda air, banana boat, bubble ball, perahu naga, kapal pinisi, serta rubber boat. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam pancingan, kolam renang, arena fantasi, lapangan te

nis, penginapan, sewa kuda, hingga arena bermain untuk anak-anak, dan lain sebagainya.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Khusus di hari libur dibuka mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

3. Oro-oro Ombo Semeru

Berada di kawasan Gunung Semeru, Oro-oro Ombo sering disebut sebagai taman bunga lavender. Karena memiliki warna kombinasi kuning, hijau, dan ungu yang menciptakan lanskap cantik layaknya taman lavender yang ada di taman bunga lavender Provence, Prancis atau di Belanda.

Padahal kenyataannya bunga yang ada di sini adalah verbena brasiliensis, tanaman berumur pendek alias semak tahunan yang tumbuh dari Januari hingga Agustus. Kecantikannya pun menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pendaki gunung Semeru, mengingat lokasi ini cukup instagramable.

4. Stonehenge Sleman

Berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, destinasi ini cukup populer semenjak dibuka pada 2017 lalu. Hal ini tidak lain karena gugusan batu-batu raksasa 'stonehenge' ini, berdiri di area seluas 200 meter persegi, mirip Stonehenge di Wiltshire, Inggris.

Tempat ini sangat mendukung untuk latar foto yang apik dan belum mainstream. Apalagi jika cuaca cerah, langit biru yang luas dan hamparan rumput hijau menjadi alas bebatuan setinggi sekitar empat meter ini sangat memanjakan mata. Anda cukup membayar biaya masuk sebesar Rp5 ribu untuk bisa berfoto sepuasnya di sini.

5. Little Europe, Lampung

Berada di Citra Garden Lampung, tempat ini memiliki suasana kota yang indah dengan gaya arsitekturnya yang penuh warna. Di sini, para pengunjung bisa merasakan pengalaman berkeliling Eropa tanpa harus merogoh kocek banyak, karena masuk ke tempat ini gratis. 

Para pengunjung juga bisa berfoto dengan latarbelakang ala Eropa. Selain bisa berfoto, Little Europe juga memiliki booth-booth yang menyediakan berbagai menu makanan dan live music.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya