Pantai Gunungkidul Masih Jadi Sasaran Wisatawan Usai Lebaran

Pantai Nglambor, Gunung Kidul, Yogyakarta
Sumber :
  • Facebook Telusuri Indonesia

VIVA – Obyek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta tetap menjadi pilihan utama bagi pemudik untuk berwisata selama libur Lebaran. Pantai-pantai yang masih alami ini selama libur Lebaran mulai 16 Juni hingga 19 Juni 2018 atau dalam lima hari terakhir dikunjungi lebih dari 200 ribu wisatawan.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

“Jumlah ini sangat luar biasa. Banyak pergerakan wisatawan berkunjung ke pantai. Lima persen sisanya, para wisatawan banyak mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk; Gua Pindul, Karangmojo, hingga Air Terjun Sri Getuk, Playen," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono, Rabu 20 Juni 2018.

Harry menambahkan, dalam dua hari terakhir yakni pada Senin 18 Juni 2018 dan Selasa 19 Juni 2018 menjadi hari paling padat. Pasalnya, dalam dua hari tersebut ada 137 ribu wisatawan yang berkunjung di Gunungkidul.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

”Puncaknya pada Senin lalu dengan jumlah kunjungan 71 ribu. Sedangkan pada Selasa ada sekitar 66 ribu,” terangnya.

Melihat jumlah pengunjung sampai dengan saat ini, Dinas Pariwisata sangat optimis mampu mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya, yakni sebesar 300 ribu wisatawan. Pihaknya pun berharap jumlah kunjungan dapat melebihi target.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

“Kunjungan kita perkirakan akan sampai pada 24 Juni. Mohon dukungan semoga melebihi target,” tuturnya.

Tingginya jumlah kunjungan wisatawan di Gunungkidul terutama di kawasan pantai dikarenakan karakteristik pantai yang ada di kawasan selatan Gunungkidul berbeda dengan pantai lainnya di DIY. Pemerintah kabupaten Gunungkidul sendiri terus berupaya mendorong wisatawan untuk juga mengunjungi kawasan utara seperti wisata di Green Village di kecamatan Gedangsari.

Pantai Wediombo, Gunungkidul.

"Untuk memberikan kenyamanan wisatawan kita menambah petugas, baik petugas retribusi untuk mengurangi penumpukan kendaraan, hingga petugas kebersihan, dan keamanan," katanya.

Sementara itu kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul mulai terlihat adanya penurunan hal ini dapat dilihat dari antrian kendaraan bermotor baik mobil pribadi maupun bus wisata di Tempat Pemungutan Retribusi atau TPR Pantai Parangtritis tak lebih dari 50 meter atau normal seperti saat libur akhir pekan.

"Antrian di TPR Parangtritis hanya pendek bahkan dengan empat loket TPR mempercepat pembayaran di TPR," kata Aris Hariyanta Kepala Dishub Kabupaten Bantul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya