Ada Kota di Rumania yang Sangat Aman, Tak Ada Pencuri

Kota Eibenthal
Sumber :
  • odditycentral

VIVA – Hidup di kota metropolitan seperti Jakarta tentu tidak pernah luput dari aksi kriminal maupun kejahatan. Tapi pernahkah membayangkan tinggal di tempat yang aman, tidak pernah ada pencuri, bahkan tidak membutuhkan kantor polisi sama sekali. 

Hal Ini Perlu Diketahui Jika Pesanan Airbnb Anda Dibatalkan

Tempat tersebut yakni Eibenthal, sebuah desa indah yang terletak di Pegunungan Banatului di Rumania Barat. Ini adalah tempat menarik yang dihuni terutama oleh etnis Ceko, yang dikenal sebagai komunitas bebas pencurian.

Orang-orang di daerah ini khususnya di Mehedinti terkenal damai dan saling menghormati satu sama lain, dan tingkat kejahatannya jauh lebih rendah daripada rata-rata nasional. Pencurian, misalnya hampir tidak ada, dan orang-orang sangat nyaman meninggalkan uang di tas di jalanan untuk tukang antarroti. 

5 Negara Ini Tak Punya Bandara Lho, Kok Bisa?

Dia mengemudi, mengambil uang dan meninggalkan sejumlah roti yang diminta dan uang kembalian ditaruh di tas yang tergantung di tiang lampu atau pagar orang. Dalam lebih dari 20 tahun, tidak ada yang pernah melaporkan uang itu hilang.

Reputasi Eibenthal sebagai desa bebas pencurian dimulai pada tahun 1996, ketika penduduk setempat mulai menggantung tas dan uang di luar rumah mereka untuk pengantar roti.

Optimalkan Dunia Kuliner demi Pariwisata RI Lewat Pendidikan

Satu-satunya toko lokal telah ditutup segera setelah revolusi 1989 dan orang-orang harus selalu waspada terhadap truk roti yang datang dari desa lain 20 kilometer jauhnya, setiap dua hari, untuk memastikan mereka memiliki roti untuk diletakkan di atas meja. 

Tetapi pada satu titik, seseorang datang dengan ide untuk meninggalkan uang bersama dengan catatan untuk pengantar barang di jalan. Mereka menyadari tidak akan saling mencuri satu sama lain, dan siapa pun yang datang dari luar dengan niat jahat akan menghabiskan lebih banyak uang daripada uang roti yang mereka curi.

“Mobil yang mengantarkan roti datang setiap dua hari dan saya membeli 4-5 roti. Saya memasukkan sejumlah (uang) yang tepat ke dalam tas atau saya meninggalkan catatan dengan berapa banyak roti yang saya inginkan dan pengendara meninggalkannya,” kata seorang penduduk Eibenthal berusia 75 tahun. 

“Kami tidak pernah memiliki masalah, tidak sama sekali, saya tidak pernah mendengar tentang uang atau roti menghilang.”

“Saya meninggalkan tas di sana dan saya pergi bekerja di ladang dan di malam hari, ketika saya kembali, saya masih menemukan roti dan kembalian,” kata orang lain.

Dan itu bukan hanya tentang cara orang membeli roti di Eibenthal. Penduduk setempat juga menghormati properti satu sama lain dan tidak pernah menginjakkan kaki di pekarangan satu sama lain tanpa izin. Mereka hanya memanggil pemilik di gerbang, dan mereka hanya masuk jika diundang. Jika tidak ada yang menjawab, mereka pergi begitu saja.

"Tidak ada pencurian di desa ini. Saya memiliki berbagai hal yang berharga di garasi saya, dan itu terbuka sepanjang waktu, tetapi tidak ada yang pernah dicuri. Eibenthal adalah yang paling beradab dari semua desa etnis Ceko. Selama 13 tahun saya menjadi imam di sini, saya belum pernah mendengar ada pencurian," kata pendeta lokal Vaclav Masek.

“Kita semua saling kenal di sini dan kami dibesarkan sedemikian rupa sehingga kami tahu jika membutuhkan sesuatu dari seseorang, kami meminta, tidak mencuri,” kata walikota Eibenthal Victor Doscocil. "Untuk saat ini kami senang tidak memiliki perilaku buruk."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya