Pesona Keindahan PLTB Sidrap yang Mirip Negeri Kincir Angin

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • VIVA/Purna Karyanto

VIVA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangkit listrik tenaga bayu atau PLTB Sidrap di Indonesia pada Senin 2 Juli. PLTB ini terletak di Kabupaten Sidenreng Rappang atau Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan.

Menikmati Alam Asri di Celebes Canyon Sulawesi Selatan

Saat peresmiannya, Presiden Jokowi mengaku kagum dengan pemandangan di sana, lantaran PLTB yang ada di Sidrap ini mirip dengan kincir angin yang ada di negeri Belanda. Presiden pun merasa seperti berada di Belanda. 

"Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan – sekitar 200 kilometer dari Makassar," kata Presiden dalam unggahan foto di instagramnya.

Tepi Sungai Disulap Jadi Rest Area, Indahnya Minta Ampun

Dia menjelaskan bahwa kincir-kincir angin raksasa yang berputar dihembus anginlah yang membuat PLTB Sidrap ini sekilas mirip di Belanda.

Wow, Bakal Ada Kebun Angin Raksasa Kedua di Sulsel

"Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin. Ya, inilah pembangkit listrik tenaga bayu Sidrap, pembangkit listrik bertenaga angin, yang saya resmikan hari ini," kata dia. 

Dia pun menjelaskan, bahwa PLTB ini telah dibangun sejak Agustus 2015. Awalnya PLTB ini berupa jajaran 30 menara kincir angin raksasa setinggi 80 meter, dengan baling-baling sepanjang 57 meter. Turbin-turbin menara ini bisa menghasilkan total 75 megawatt, yang dapat digunakan untuk mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, Sulawesi Selatan

"Dengan beroperasinya PLTB Sidrap ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai lebih dari 99 persen, sedikit di atas rasio elektrifikasi nasional saat ini yakni kurang lebih 96 persen," jelas presiden.  

Tidak hanya itu, presiden juga berharap keindahan alam Watang Palu lokasi PLTB ini bisa menjadi daya tarik pariwisata di Sulawesi Selatan.

"Keindahan alam Watang Pulu dan kincir-kincir angin raksasa PLTB ini pun adalah potensi pariwisata," kata Jokowi.

Dalam unggahan Vlog yang dibuat oleh Presiden saat meresmikan PLTB ini, lokasi ini berpotensi menjadi sebagai salah satu destinasi yang instagenik. Hal ini lantaran keindahan lokasi PLTB yang berada di perbukitan Watang Pulu dengan hamparan pemandangan hijau, yang menyegarkan mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya