Melintasi Jembatan Penyeberangan Laut Terpanjang di Dunia

Jembatan Hong Kong Zhuhai Macau
Sumber :
  • Dokumentasi Hong Kong Tourism Board

VIVA – Bisa traveling melalui jalan yang tak biasa, tentu bisa jadi cerita dan pengalaman tersendiri. Pada 24 Oktober 2018, jembatan dan terowongan penyebrangan laut terpanjang di dunia yakni Jembatan Hong Kong Zhuhai Macau dibuka. Adanya jembatan ini, diharapkan bisa mendukung kepariwisataan di Greater Bay Area.

Uber Cup 2024: Indonesia Gilas Hong Kong 5-0 di Laga Perdana

Dilansir dari rilis yang diterima VIVA.co.id, jembatan ini menghubungkan Hong Kong dengan kota-kota di sepanjang Greater Bay Area yang terletak di China Selatan, menjadikan pusat wisata di Macau dan Guangdong lebih mudah untuk diakses, serta mendukung Hong Kong sebagai pusat bagi wisatawan dari seluruh dunia untuk menjelajahi wilayah yang menarik dan beragam. Lalu, apa saja keistimewaah jembatan ini?

Ikon Arsitektur Pemecah Rekor

Buka Keunggulan Indonesia Atas Hong Kong, Begini Kata Gregoria Mariska

Jembatan ini merupakan gabungan jalan dan terowongan penyeberangan laut pertama di Greater Bay Area yang membentang laut dari pulau buatan dekat dengan Bandara Internasional Hong Kong sampai ke Macau dan daratan kota China, Zhuhai. Dengan panjang sejauh 55 km, jembatan ini 20 kali lebih panjang dibandingkan dengan Jembatan Golden Gate San Francisco.

Jembatan terdiri dari baja yang cukup untuk membangun 60 Menara Eiffel dan dirancang untuk dapat bertahan sampai 120 tahun ke depan, 20 puluh tahun lebih lama daripada jangka waktu sebagian besar jembatan lintas laut. Bangunan besar ini akan segera menjadi ikon kota Hong Kong dan Greater Bay Area yang sudah dijuluki oleh Guardian sebagai salah satu arsitektur dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Jembatan Hong Kong Zhuhai Macau

Menghubungkan Hong Kong dengan Beragam Tujuan
 
Jembatan ini akan memperkuat posisi Hong Kong sebagai pusat untuk banyak destinasi perjalanan melalui Greater Bay Area, yang meliputi Sembilan kota di Provinsi Guangdong dan dua Wilayah Khusus Administratif. Jembatan ini beguna untuk mempersingkat waktu perjalanan dari Bandara Internasional Hong Kong ke Zhuhai, yang awalnya akan menghabiskan waktu selama empat jam, melalui jembatan ini, menjadi hanya 45 menit.

Pelabuhan Pertama yang Menyenangkan

Pelabuhan singgah pertama dari jembatan baru untuk para wisatawan sambangi adalah Pulau Lantau Hong Kong, rumah dari bandara internasional dan Disneyland serta destinasi yang memikat dan indah. Pengunjung dapat naik kereta gantung terkenal bernama Ngong Ping 360 menuju patung Big Budha dan Biara Po Lin, untuk kemudian berjalan-jalan di sepanjang Wisdom Path, sebuah lintasan damai dan spiritual dengan aksen pilar kayu berukir.

Untuk merasakan keaslian budaya, pengunjung dapat berkunjung ke Desa Perikanan Tai O dengan rumah panggung nya yang khas. Jembatan akan terlihat jelas selama perjalanan dengan menggunakan kapal dari Tung Chung ke Tai O atau saat mengendarai mobil listrik.

Jelajahi Wilayah Penuh Keajaiban

Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau menempatkan beragam daya tarik budaya di Macau dan Guangdong yang mudah dijangkau dari Hong Kong, termasuk Ruins of St. Paul’s yang menakjubkan di Macau, Patung Fisher Girl di Zhuhai, Kaiping Diaolou, Seven Star Crags di Zhaoqing dan masih banyak lagi. Dengan menggabungkan Hong Kong dan tempat-tempat wisata di Greater Bay Area menjadi satu rencana perjalanan dengan banyak tujuan untuk menjadikan pengunjung lebih nyaman dari sebelumnya.

Untuk mencoba perjalanan melintasi jembatan baru yang ikonik antara Hong Kong, Macau dan Zhuhai sudah tersedia layanan bus lintas batas yang cepat dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya