4 Cara Bebaskan Diri dari Gangguan yang Sering Terjadi Saat Naik Bus

Ilustrasi bus.
Sumber :

VIVA – Perjalanan naik transportasi publik jenis bus tentunya memberikan pengalaman tersendiri. Selama perjalanan, Anda berbagi ruang dengan penumpang lain dan melalui waktu yang mungkin sangat panjang untuk sampai di tujuan. Sayangnya,  apapun gangguan yang muncul dalam perjalanan naik bus, yang terkadang membuat kita tidak selalu merasa nyaman selama perjalanan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Setidaknya, 4 hal di bawah ini menjadi yang paling sering mengganggu kenyamanan Anda selama perjalanan naik bus, terutama bus AKAP (Antar-Kota-Antar-Provinsi). Untungnya, setiap masalah tersebut sudah punya solusinya masing-masing.

1. Antrian Membeli Tiket Terlalu Panjang

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Ilustrasi antrian.

Ketika memutuskan akan melakukan perjalanan naik bus, tentu persoalan membeli tiket langsung menjadi masalah pertama. Sebab, cara lama mengharuskan Anda pergi ke loket tertentu untuk membeli tiket bus. Cara seperti ini kerap berhadapan dengan masalah antrian yang panjang atau kehabisan tiket ataupun pergi pulang berkali-kali untuk membeli tiket untuk kemudian hari. Apalagi, jika Anda berburu tiket bus untuk musim liburan. 

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Untungnya, saat ini Anda sudah bisa memesan tiket bus secara online melalui agen travel online (OTA) yaitu Traveloka. Traveloka saat ini sudah menjadi mitra resmi berbagai PO bus di berbagai kota di Indonesia dan menyediakan layanan pemesanan tiket bus melalui situs www.traveloka.com dan aplikasi Traveloka di ponsel sehingga Anda dapat memesan tiket bus dengan aman dan praktis. Harga tiket bus di Traveloka juga terkenal murah dan tersedia promo menarik.

2. Barang Bawaan Terlalu Banyak Di Area Kursi Penumpang

Ilustrasi bus.

Beberapa orang ada yang senang membawa banyak sekali barang dalam perjalanannya. Beberapa orang di antaranya, ada yang senang membawa serta semua bawaan tersebut ke area tempat duduk. Alasan keamanan menjadi pertimbangan utamanya. Jika sudah seperti ini, area kursi Anda mungkin menjadi penuh dan sempit. Gangguan semacam ini bisa Anda antisipasi dengan komunikasi. Tegur dengan sopan penumpang yang membawa barang terlalu banyak ke kursi penumpang dekat Anda. Beritahukan kepada mereka untuk memindahkan barang-barangnya ke bagasi yang tersedia, entah ke bagasi umum bus atau ke bagasi kabin di sisi atas kursi penumpang. Bila perlu, tawarkan bantuan untuk merapikan barang tersebut.

3. Penumpang Di Sebelah Tertidur Dengan Posisi yang Membuat Anda Tidak Nyaman

ilustrasi naik bus.

Perjalanan naik bus, terutama antar-kota-antar-provinsi lintas malam, sudah pasti melelahkan. Banyak penumpang memilih tidur sepanjang perjalanan untuk mengisi waktu. Kadang kala, ketika tidur, penumpang di sebelah Anda tidak sengaja memiliki posisi yang membuat Anda tidak nyaman, seperti tidak sengaja bersandar pada Anda. Tentu hal ini terasa mengganggu, terutama jika penumpang di sebelah bukanlah orang yang Anda kenal. Cara mengantisipasi masalah ini memerlukan kesabaran dan ketenangan. Secara lembut, cobalah untuk membangunkan penumpang tersebut. Ucapkan permisi dan maaf, lalu minta penumpang tersebut untuk memperbaiki posisinya. Lihat juga kursi di dekat Anda. Apabila ada yang kosong, pertimbangkan untuk pindah ke kursi tersebut.

4. Suara di Sekitar Terlalu Berisik

Ilustrasi naik bus.

Sepanjang perjalanan naik bus, Anda akan ditemani banyak suara. Suara lalu lintas di luar, suara aktivitas penumpang di dalam bus, hingga suara deru mesin. Suara-suara ini bisa menjadi sangat mengganggu, terutama jika malam tiba dan Anda mulai memerlukan istirahat. Gangguan satu ini cukup mudah untuk diatasi. Sebelum naik bus, siapkan pemutar musik dengan earphone. Gunakan earphone tersebut untuk menutup telinga Anda. Putarlah musik yang menyenangkan agar Anda merasa lebih nyaman dan melupakan suara berisik di sekitar. Silahkan pilih sendiri lagu favorit untuk menemani Anda sepanjang perjalanan. Kini empat gangguan dalam perjalanan naik bus Anda sudah ada solusinya. Anda tak lagi perlu mengkhawatirkan kenyamanan perjalanan untuk liburan selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya