Nusa Lembongan, Surga Tersembunyi di Tenggara Bali

Pulau Nusa Lembongan Bali
Sumber :

VIVA – Pulau Dewata Bali memang dikenal turis mancanegara. Menurut salah satu media Australia, pada tahun 2017 ada sekitar 1.18 juta orang Australia datang ke Bali. Salah satu destinasi yang biasanya wajib dikunjungi wisatawan adalah Kuta. Namun sayangnya akibat membludaknya turis, area Kuta kini cukup padat sehingga membuat para wisatawan merasa kurang nyaman.

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga

Padahal jika Anda ingin berkunjung ke Bali, masih banyak tempat-tempat indah yang bisa dieksplor. Salah satunya pulau Nusa Lembongan. Pulau yang terletak di Tenggara pulau Bali ini merupakan salah satu dari tiga bagian pulau-pulau kecil yang dikenal dengan Nusa Penida, nampak hening dan tenang, Nusa Lembongan memang hanya ditinggali sekitar 5 ribu penduduk. Pulau ini juga tak sulit dijangkau. Dari Sanur Anda hanya butuh waktu 30 menit.

Beberapa waktu lalu bahkan pulau ini dipuji-puji media asing. Dilansir News.com.au, ada beberapa hal yang membuat Nusa Lembongan mencuri perhatian media dan wisatawan asing. Berikut beberapa alasannya.

Pindah ke Bali, Model Meliza Oktavilenny Beralih Jadi Content Creator

Pantai pribadi yang tenang

Pemandangan Menakjubkan, Penyanyi Malaysia Kepincut Pantai Pandawa Bali

Wisatawan asing gemar berpakaian terbuka saat beribur di Pantai. Apalagi cuaca yang cukup terik membuat mereka merasa nyaman berpakaian minim. Nah, Nusa Lembongan menawarkan kenyamanan berpakaian tanpa canggung atau risih. Tak hanya itu, pulau ini menawarkan pantai yang bersih dan belum terekspos. 

Jalan juga belum banyak kendaraan, sehingga para turis bisa aman berkeliling dengan motor. Memang ada beberapa truk yang membawa turis dari pelabuhan kapal ferri ke hotel tapi terbilang jarang terlihat. 

Budaya Indonesia ditawarkan dengan baik

Jika suka dengan barang-barang yang ada di pasar lokal, Lembongan memiliki segalanya. Ada beberapa supermarket kecil yang menjual berbagai kebutuhan dari air mineral botolan hingga obat sakit kepala. Barang-barang lokal juga dijual di toko-toko sekitar pantai. Penjualnya juga ramah dan tidak memaksa turis untuk membeli.

Nilai-nilai budaya dan agama juga bisa dirasakan di sini. Suara warga lokal yang sedang berdoa juga bisa didengarkan setidaknya tiga kali dalam sehari lewat pengeras suara, namun sama sekali tak mengganggu. Turis asing juga bisa merasakan kentalnya tradisi. Bahkan terasa ajaib saat mereka bangun oleh aroma dupa dan suara doa. Ya, di sini budaya Bali benar-benar terasa.

Keindahan alam 

Satu lagi yang menarik dari Nusa Lembongan yaitu keindahan alamnya. Garis pantai dan tebing yang memukau, spot untuk mengabadikan matahari terbenam, serta spot terkenal Devil's Tears. Salah satu yang menarik saat menginap di Nusa Lembongan adalah adanya jembatan berwarna kuning yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Ceningan sendiri memiliki air berwarna biru yang paling jernih di dunia, dengan sedikit hotel dan restoran, membuat tempat ini tujuan liburan yang sempurna untuk mencari ketenangan. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya