15 Kota Terbaik di Dunia, Bali Nomor Berapa?

Capella Ubud, Bali.
Sumber :
  • Capella Ubud

VIVA – Setiap tahunnya Travel and Leisure melakukan survei kepada pembacanya dalam World’s Best Awards. Dalam survei tersebut, Travel+Leisure meminta pembacanya untuk memberikan peringkat salah satunya adalah menilai kota-kota terbaik di dunia yang pernah mereka kunjungi.

Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Jangan Lupa Eksplor 3 Tempat Wisata di Ubud Ini

Penilaian itu berdasarkan pemandangan, budaya, masakan, keramahan, wisata belanja, dan nilai secara keseluruhan. Dari data itu terdapat 15 kota terbaik di dunia, Ubud di Bali berada di posisi keenam sebagai kota terbaik dengan total skor 89,08. 

Dikelilingi hutan hujan dan bentangan sawah, destinasi favorit turis lintas negara ini juga punya banyak restoran autentik. Namun sayangnya peringkat ini diketahui turun dua peringkat dibanding tahun sebelumnya, meski pun mengalami kenaikan satu poin penilaian. Yang mana pada tahun 2018, Ubud menduduki peringkat keempat dengan total nilai sebesar 88,74. 

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga

Dari penilaian itu, San Miguel de Allende di Meksiko yang dua tahun berturut-turut berada di posisi puncak harus turun satu peringkat di posisi kedua. Banyak pembaca yang mengagumi kota ini lantaran komunitas seni yang unik, dengan perpaduan sejarah yang kaya dan makanan yang luar biasa. 

Tidak hanya itu saja, pembaca juga menyebut kota ini memiliki keindahan arsitektur, lantaran adanya perpaduan arsitektur modern dengan  fasad-fasad berusia 500 tahun. Sedangkan untuk posisi kota terbaik di dunia tahun 2019 ini jatuh pada Hoi An, Vietnam atau berhasil naik tujuh peringkat dari tahun lalu yang berada di posisi kedelapan.

Pindah ke Bali, Model Meliza Oktavilenny Beralih Jadi Content Creator

Kota ini dipilih lantaran lokasinya yang berada tepat di dekat sungai. Selain itu Hoi An juga merupakan surga bagi para pecinta belanja, serta surga bagi para vegetarian lantaran banyaknya restoran yang menjual makanan vegan. Kota ini juga sangat membatasi penggunaan mobil yang tentu saja dapat membuat udara jauh lebih sehat dan tenang.

Menjadi kejutan di tahun ini adalah  terpilihnya Chiang Mai di posisi ketiga atau naik enam peringkat dibanding tahun lalu yang berada di posisi keenam.  Chiang Mai dinilai sebagai tempat perlindungan gajah dan tempat wisata belanja, yang menawarkan banyak seni dan kerajinan yang luar biasa dengan harga yang baik.

Selain itu di posisi keempat ditempati oleh Mexico City yang tahun lalu ada di posisi ke-11. Penilai menyebut Mexico City merupakan kota terbaik di Amerika Utara yang menawarkan beragam aktivitas seru, hingga restoran-restoran yang menarik untuk dikunjungi. 

Untuk posisi kelima ditempati oleh Oaxaca, Mexico yang turun tiga peringkat dibanding tahun lalu. Kota ini masuk jajaran lima teratas lantaran memiliki sejarah panjang dan kompleks dan gedung-gedung yang berwarna cerah. Selain itu, kota ini memiliki makanan yang agung, serta  sekolah memasak yang populer. 

Berikut ini daftar lima belas kota terbaik versi Travel and Leisure, yang dilansir Kamis, 11 Juli 2019

1. Hoi An, Vietnam
2. San Miguel de Allende, Mexico
3. Chiang Mai, Thailand
4. Mexico City
5. Oaxaca, Mexico
6. Ubud, Indonesia
7. Tokyo
8. Kyoto, Jepang
9. Florence
10. Udaipur, India
11. Roma
12. Charleston, South Carolina
13. Seville, Spanyol
14. Santa Fe, New Mexico
15. Bangkok
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya