Warga Jakarta Ramaikan Lebaran Betawi, Kuliner Khas Dibagikan Gratis

Lebaran Betawi di Monas
Sumber :
  • Viva.co.id/Adinda

VIVA – Lebaran Betawi 2019 yang digelar di kawasan Monumen Nasional atau Monas menjadi magnet besar bagi ribuan warga Jakarta dan sekitarnya. Mulai dari depan Jalan Merdeka Barat kurang lebih VIVA memperkirakan ribuan orang lalu lalang tanpa henti. Ada yang baru menuju Monas dan keluar dari arah Monas.

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Kepadatan pengunjung semakin memuncak begitu memasuki area Lebaran Betawi. Di sana terdapat berbagai anjungan yang mewakili masing-masing wilayah DKI Jakarta. Mulai dari Jakarta Timur, Jakarta, Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara hingga Kepulauan Seribu.

Layaknya perayaan Lebaran umat Islam, perayaan Lebaran Betawi juga diisi dengan kegiatan silaturahmi. Setiap anjungan dibuat seperti sebuah rumah dengan desain rumah tradisional Betawi. Berbagai hidangan juga disajikan, sayangnya tak semua pengunjung bisa bebas menikmatinya.

Warga Serbu Posko Mudik Gratis di Terminal Depok, Sepekan Sudah Tercetak 5.000 Tiket

Meski begitu, warga bisa duduk santai sambil menikmati panggung hiburan di setiap anjungan. Kalau penasaran dengan kuliner khas Betawi, pengunjung bisa mendatangi stan makanan gratis. Tapi, Anda harus cukup sabar karena untuk bisa menikmati kuliner gratis ini harus mengantre panjang.

Selain itu, dalam perayaan ini diwarnai dengan berbagai kesenian Betawi seperti ondel-ondel. Ada juga panggung besar yang menampilkan hiburan-hiburan.

Viral Video Pembubaran Kegiatan Ibadah di Tangerang, Ini Penjelasan Polisi

Di tengah cuaca yang panas dan pengunjung yang sangat padat, Lebaran Betawi bisa menjadi hiburan alternatif di akhir pekan bagi warga Jakarta. Seperti Arimbi yang datang dari Ciledug bersama kakak dan keponakannya.

"Mumpung hari Minggu dan pengin jalan-jalan saja," ujarnya di kawasan Monas, Jakarta, Minggu 21 Juli 2019.

Lebaran Betawi 2019 digelar sejak 19 Juli hingga 21 Juli di Monas, Jakarta. Pengunjung bisa datang tanpa dipungut biaya. Berbagai pertunjukan yang bisa dilihat antara lain Lenong Betawi, Palang Pintu, Rebana Biang, band Betawi, layar tancap, Sorendo-rendo, tanjidor, ondel-ondel, salad Betawi, dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya