Pesona Gunung Krakatau Bakal Jadi Ikon Pariwisata Lampung

Peluncuran Event Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-29
Sumber :
  • VIVA/ Bimo Aria

VIVA – Peristiwa erupsi Gunung Krakatau yang sempat mengguncang dunia diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi event Lampung Krakatau Festival 2019. Bahkan, menurut Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Calendar of Event (CoE) Esthy Reko Astuty, Gunung Krakatau sangat tepat untuk dijadikan sebagai ikon pariwisata Lampung.

5 Letusan Gunung Berapi Terbesar Dalam Sejarah Dunia, No 5 Azab Kaum Homoseksual

"Ini bisa menjadi ikon dan menjadi branding yang mendunia sehingga mudah untuk dipromosikan di dalam negeri maupun mancanegara," ungkap Esthy dalam peluncuran event Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-29, di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu 31 Juli 2019.

Menurut Esthy, selain tepat untuk ikon pariwisata, peristiwa meletusnya Gunung Krakatau juga menjadi momen untuk memperingati kejadian tersebut. Sekaligus menjadi sarana untuk mengedepankan pariwisata yang berkelanjutan.

Kisah Bencana Dekat Jakarta Bikin Dunia Gelap 2 Hari

"Kita mungkin juga ingin menyampaikan pariwisata harus sustainable dan itu menjadi concern kita supaya ada awareness. Selain itu juga harus ada literasi khusus dalam bencana gunung meletus," kata Esthy.

Esthy juga menyampaikan bahwa Trip Krakatau memang menjadi salah satu acara di antara empat acara lainnya pada Lampung Krakatau Festival (LKF) ke-29. Trip ini akan membawa para peserta dalam kegiatan tur dimulai dari Kalianda ke Pulau Sebesi (pulau layak huni terdekat di dekat Krakatau) sebelum akhirnya mencapai Kepulauan Vulkanik Krakatau untuk menjejakkan kaki di Gunung Anak Krakatau yang 'lahir' setelah letusan monumental Gunung Krakatau.

Gunung Anak Krakatau Meletus, Abu Vulkanik Mencapai 2.500 Meter

Pelaksanaan Lampung Krakatau Festival 2019 akan dipusatkan di Kota Bandar Lampung pada 23-25 Agustus 2019. Penyelenggaraan LKF 2019 yang berlangsung selama tiga hari (23-25 Agustus 2019) menampilkan empat acara unggulan yakni; dimulai dengan acara Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai sebagai bentuk upacara pembukaan secara resmi Lampung Krakatau Festival 2019. Dilanjutkan dengan Expo Krakatau Lampung berupa bazar kuliner dan suvenir serta pertunjukan kesenian khas Lampung.

Acara LKF 2019 diakhiri dengan kemeriahan Karnaval Budaya yang menampilkan pertunjukan seni dan budaya, pameran fotografi, serta pertunjukan permainan anak-anak tradisional. Selain itu, acara Karnaval Tapis Lampung yang menampilkan daya tarik kain tradisional Tapis dari berbagai daerah Lampung juga akan dipamerkan di event Lampung Krakatau Festival 2019, sebagai bagian dari promosi wisata di kawasan Gunung Krakatau.

Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km

Gunung Anak Krakatau (GAK) meletus pada Jumat, 12 Mei 2023, sekitar pukul 09.20 wib. Ketinggian semburan abu vulkaniknya mencapai 2.500 meter

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2023