4 Tempat Wisata di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Baru Kalimantan Timur

Rusa sambar salah satu spesies rusa di Penajam Paser Utara
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Senin, 26 Agustus kemarin secara resmi Presiden Joko Widodo mengumumkan perpindahan ibu kota. Presiden Jokowi, pun memilih Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai ibu kota Indonesia. 

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Pasca dipindahkannya ibu kota, tidak sedikit dari masyarakat yang penasaran dengan potensi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara. Termasuk soal potensi wisatanya, namun jika kita mungkin lebih sering  mendengar nama Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun, bagaimana dengan Kabupaten Penajam Paser Utara?

Berikut ini beberapa ulasan potensi wisata di Penajam Paser Utara? Dilansir dari beberapa sumber berikut ini empat potensi wisata yang ada si Penajam Paser Utama. 

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus ini terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), atau sekitar 3 jam perjalanan dari ibu kota kabupaten PPU (Kantor Kecamatan Penajam). Air terjun tembinus merupakan pesona alam yang cukup indah dan mampu memanjakan mata bagi masyarakat yang berkunjung. Alirannya yang cukup deras dari ketinggian juga membuat wisatawan menjadi lebih rileks. Bukan hanya itu, selama perjalanan wisatawan juga dimanjakan dengan pepohonan hijau yang memberikan kesan nyaman dan menyegarkan mata. 

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Disarankan untuk mengunjungi tempat ini di akhir pekan karena jaraknya yang terbilang cukup jauh. Selain itu disarankan tidak datang di musim penghujan, hal ini terkait dengan keselamatan selama perjalanan. 

Pulau Gusung

Pulau Gusung diketahui memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah indahnya dengan potensi bawah laut seperti di Bunaken, Labuan Bajo, hingga Raja Ampat. Sebab, pulau ini memiliki 56 jenis karang yang sekitar kurang lebih 80 persen adalah karang hidup yang jaranh ditemui di lokasi lain. Pulau ini juga memiliki 47 jenis ikan dan salah satunya adalah ikan napoleon yang merupakan salah satu ikan langka dan dilindungi. 

Pantai Tanjung Jumlai

Pantai Tanjung Jumlai bisa dibilang pantai yang cukup jaranh dikunjungi wisatawan. Jadi tempat ini pas buat kamu yang ingin rileksasi di pinggir pantai secara tenang. Selain sepi, pemandangan pantai ini juga cantik, dengan kondisi pantai yang bersih,  ombak yang tidak terlalu besar, semakin membuat kamu bakalan betah bersantai di sini. 

Ekowisata Mangrove Penajam

Dibuka pada tahun 2016, ekowisata mangrove penajam ini juga jadi wisata yang enggak kalah kerennya di Penajam Paser Utama. Ketika memasuki area  wisatawan akan melewati jembatan kayu untuk menikmati pemandangan hutan mangrove di sebelah kanan dan kiri. Jika beruntung kamu bisa melihat hewan-hewan yang hidup di Ekowisata Hutan Mangrove.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya