9 Negara Islam di Dunia yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik

Cappadocia, Turki
Sumber :
  • Pixabay/Trudi90

VIVA – Banyak negara Islam di dunia yang saat ini menjadi salah satu tempat wisata terbaik, salah satunya adalah Turki yang sangat terkenal dengan Cappadocia lantaran serial Layangan Putus. Traveling atau liburan sendiri memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk melepas penat setelah melakukan aktivitas seharian.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Berlibur menuju sebuah tempat yang baru juga tentu saja akan memperoleh wawasan baru mengenai budaya dan keindahan yang belum diketahui sebelumnya.

Maka dari itu, tidak heran bila di masa pandemi seperti saat ini kamu yang menyukai liburan sangat merindukan perjalanan tersebut. Mulai dari kesibukan di bandara, mengantri di loket imigrasi, terbang dengan pesawat, sampai kebahagiaan di tempat tujuan.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Berbicara mengenai liburan, ternyata banyak negara Islam di dunia yang wajib dikunjungi. Selain mempunyai destinasi wisata yang indah dan menyenangkan, kamu juga bisa sekaligus belajar mengenai ajaran agama Islam di negara lain.

Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan selengkapnya. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

1. Kosovo

Kosovo High Dive Competition

Photo :
  • Wikimedia

Kosovo baru merdeka sejak 12 tahun yang lalu dan menjadi salah satu negara baru di Eropa. Negara ini ternyata menjadi salah satu destinasi wisata negara Islam di dunia yang wajib dikunjungi. Kosovo merupakan salah satu negara dengan populasi muslim terbesar mencapai 95,6% dan terkenal dengan warganya yang ramah. 

Banyak turis yang mengatakan bahwa mereka sangat merasakan kehangatan dan rasa aman ketika berkunjung ke Kosovo. Bila kamu berkesempatan untuk datang ke negara ini, sempatkan untuk datang ke kota Prizen. Kota ini menjadi sebuah kota yang pocket friendly lantaran banyak cafe dan bar dengan harga yang terjangkau. 

2. Yordania

Kota Petra di Yordania.

Photo :
  • U-Report

Yordania merupakan salah satu negara Islam eksotis dan berbatasan dengan Arab Saudi, Irak, Suriah, dan Israel. Kehidupan di negara yang mayoritas umat Islam ini sudah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu sehingga membuatnya menjadi pusat sejarah kerajaan kuno. 

Ketika berkunjung ke negara ini kamu akan disuguhkan dengan hal-hal menarik yang ada di dalamnya. Mulai dari berkunjung ke Laut Mati dan Laut Merah yang mendunia, kota batu Petra yang eksotis, hingga perkotaan Amman untuk menikmati pusat perbelanjaan. 

3. Pakistan

Suasana di Pakistan, Senin, 26 November 2018.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dinia Adrianjara

Walaupun masih dibayang-bayangi dengan konflik, Pakistan juga dapat menjadi salah satu tempat wisata Islam di dunia yang mesti dikunjungi, Salah satu alasan dari negara yang berada di Asia Selatan ini adalah masyarakatnya yang terkenal ramah terhadap turis yang ditemuinya. Bahkan, mereka juga akan mengajak kamu untuk berkunjung ke negara mereka. 

Negara Islam ini juga dikenal lantaran memiliki padang pasir yang luas, gunung, lembah, sampai pantai yang cantik. Bahkan, beberapa tempat wisata di Pakistan masih perawan dari manusia. Untuk berlibur ke Pakistan kamu juga tidak usah merogoh kocek terlalu dalam lantaran biaya hidup di sana terbilang murah. 

4. Kazakhstan

Kota Almaty, Kazakhstan

Photo :
  • istimewa

Kazakhstan tergolong sebagai negara yang mempunyai letak geografis unik. Sebagian wilayahnya berada di Asia Tengah dan sebagian lainnya berada di Eropa Timur. Hal ini yang membuat negara pecahan Uni Soviet tersebut mempunyai tradisi dan budaya masyarakat unik karena terdapat dua jenis. 

Ketika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Kazakhstan, kamu dapat mengunjungi Kok-Tobe Hill salah satu destinasi wisata alam dengan pemandangan yang indah hanya dengan menaiki kereta gantung. Ketika musim dingin, kamu dapat mengunjungi Medeu, Almaty yang terletak di ketinggian 1.691 mdpl untuk main ice skating. 

5. Maldives

Maldives, negara indah ini sedang dilanda krisis politik.

Photo :
  • maldives.com

Maldives adalah sebuah negara dengan mayoritas umat Islam sampai 100% dan terkenal menjadi negara paling romantis di dunia. Banyak turis yang berlibur ke Maldives hanya untuk berbulan madu. Salah satu yang paling populer adalah Maladewa. 

Di negara Islam ini kamu dapat memilih untuk tinggal di berbagai resort mewah yang indah dan langsung menghadap ke pantai terumbu karang. Saat keluar kamar, kamu bahkan bisa langsung melakukan snorkeling. Bukan hanya itu, Maldives juga dikelilingi dengan 200 pulau indah yang dapat dijelajahi. 

6. Turki

Cappadocia

Photo :
  • U-Report

Setiap tahun berjuta-juta turis datang ke Turki untuk menikmati keindahan peradaban Islam di sini. Turki memang terkenal dengan perkembangan sejarah Islam yang kuat. Maka tidak heran bila Turki mempunyai monumen bersejarah dengan arsiteknya yang keren. 

Bila kamu berkesempatan untuk mengunjungi Turki, ada beberapa destinasi lokasi favorit para turis dari berbagai belahan dunia. Mulai dari Ephesus, Pamukkale, Antalya, Istanbul, dan tentunya Cappadocia yang tengah menjadi perbincangan hangat usai tayang serial Layangan Putus. 

7. Arab Saudi

Gurun Nefud di Arab Saudi.

Photo :
  • dw.com

Berbicara mengenai negara Islam, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas negara ini. Arab Saudi khususnya kota Mekkah dan Madinah merupakan tempat peribadatan umat Islam untuk melakukan ibadah haji dan umroh. Usai resmi menerbitkan visa turis untuk 49 negara, kini kamu bisa menikmati keindahan negara penghasil minyak terbesar ini. 

Di Arab Saudi kamu dapat menikmati Kawah Al Wahbah yang menjadi kawah vulkanis dengan kedalaman 820 kaki dan berada di tengah padang pasir. Bila ingin menikmati peradaban kuno, kamu bisa mengunjungi Mada’in Saleh yang dipenuhi dengan reruntuhan bersejarah. 

8. Indonesia

Masjid Istiqlal di kawasan Jakarta Pusat.

Photo :
  • Rifki Arsilan

Bila tidak berkesempatan untuk ke luar negeri, kamu juga bisa berwisata di Tanah Air. Selain dikenal karena mempunyai berbagai wisata alam yang mendunia seperti Bali, Indonesia juga memiliki tempat wisata Islam yang wajib untuk dikunjungi. 

Salah satunya adalah Masjid Istiqlal yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid yang berada di Jakarta ini mampu menampung sampai 200.000 jemaah. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi makam para leluhur Wali Songo yang berperan dalam menyebarkan agama Islam. 

9. Maroko

Chefchaouen, Maroko

Photo :
  • Pixabay

Memiliki tingkat populasi muslim yang mencapai 99 persen, Maroko merupakan sebuah negara yang memiliki daya tarik terbesar di dunia. Maroko dikenal karena memiliki gurun Sahara, gunung bersalju, dan pantainya yang memesona. 

Menariknya, Maroko juga mempunyai bangunan Islam kontemporer yang sangat eksotis. Jika berkunjung ke Maroko, coba untuk datang ke Kota Marrakesh and Fes untuk melihat peradaban Islam yang sangat indah. Bahkan, sampai dijadikan lokasi syuting beberapa film besar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya