Sandiaga Uno Sebut Majalengka sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kuliner dan kebersihan dari suatu lokasi wisata dapat menunjang keberadaan tempat wisata tersebut. Selain itu, seni pertunjukan di tempat wisata tersebut juga bisa menjadi daya tarik yang mengundang pengunjung atau wisatawan untuk datang. 

Polres Majalengka Berhasil Tangkap Pengedar Sabu di Tol Cipali

Dengan banyaknya pengunjung, tentu saja akan membangkitkan tempat dan lingkungan lokasi wisata. Selain itu, juga akan menjadi daya jual tinggi bagi wisata di lokasi tersebut. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kabupaten Majalengka menjadi salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terus berkembang dan berinovasi khususnya di bidang kesenian

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Bahkan, pada tahun 2018 lalu, kabupaten Majalengka mengusung Subsektor seni pertunjukan sebagai program unggulan mereka. Kemudian, pada tahun 2019 Kabupaten Majalengka telah mendapatkan penetapan sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia di bidang seni pertunjukan. 

“Salah satu pencapaian internasional terbaru muncul dari Jatiwangi Art Factory yang dipilih untuk terlibat pada perhelatan Documenta ke-15 di kota Kassel, Jerman pada 18 Juni hingga 25 September 2022 mendatang, dengan tema Majalengka Week; Apamart! Food Diplomacy,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Untuk itu, guna mendukung peningkatan seni pertunjukan dari Kabupaten Majalengka, pihaknya mendorong subsektor seni pertunjukan Kabupaten Majalengka untuk terus berkembang dan berinovasi, meski di masa pandemi. 

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang merupakan rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022. 

Sandiaga menambahkan, subsektor seni pertunjukan mulai dari seni tradisi, pop culture hingga kesenian kontemporer merupakan modal penting dalam mengeksplorasi Seni Pertunjukan sebagai subsektor unggulan serta sebagai lokomotif bagi subsektor ekonomi kreatif lainnya di Kabupaten Majalengka. 

Sandiaga berharap, Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kabupaten Majalengka merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya