Kamboja Memiliki Raja Gay? Ini 11 Fakta Menarik Tentang Negara Kamboja

Angkor Wat di Kamboja
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Kamboja adalah negara yang menawarkan begitu banyak dalam hal alam, budaya, masakan Asia Tenggara yang kaya beragam, pantai dan banyak lagi. Kamboja juga secara mengejutkan ramah gay. Berikut fakta paling menarik tentang Kamboja dikutip dari nomadicboys.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

1. Kamboja memiliki monumen keagamaan terbesar di dunia

Fakta menarik yang paling jelas dan populer tentang Kamboja, tentu saja, Angkor Wat. Angkor Wat adalah alasan utama turis berbondong-bondong ke Kamboja. Ini adalah bangunan keagamaan terbesar di dunia dan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia. Pada tahun 1992 itu ditambahkan ke daftar Warisan Dunia UNESCO.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Awalnya dibangun pada awal abad ke-12 sebagai kuil Hindu, kuil ini diubah menjadi kuil Buddha menjelang akhir abad ke-12. Ini adalah contoh klasik arsitektur Khmer, telah menjadi simbol nasional Kamboja dan bahkan muncul di bendera negara. Meskipun awalnya didedikasikan untuk dewa Hindu Wisnu, setelah menjadi kuil Buddha juga berperan dalam mengubah Kamboja menjadi negara Buddha.

2. Khmer adalah satu-satunya bahasa resmi Kamboja

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?

Ilustrasi Bentuk Pemerintahan Negara Kamboja

Photo :
  • U-Report

Meskipun ada sekitar 19 bahasa asli yang digunakan di Kamboja, Khmer adalah satu-satunya aksara dan bahasa resmi. Nama Kamboja berasal dari bahasa Prancis "Cambodge" yang merupakan cara mereka mengucapkan kata Khmer Kampuchea. Bahkan saat ini, orang barat cenderung menyebut negara Kamboja sementara orang Kamboja dan orang Asia lainnya lebih cenderung menyebutnya "Negara Kampuchea".

Bahasa Khmer berasal dari orang Khmer, kelompok etnis Asia Tenggara yang berasal dari Kamboja. Sementara siapa pun yang tinggal di Kamboja dapat dilihat sebagai orang Kamboja, gelar Khmer digunakan untuk 97% populasi yang beretnis Khmer, apakah itu masuk akal? Karena orang Khmer membentuk 97% dari populasi, masuk akal bahwa bahasa Khmer adalah yang paling banyak digunakan di negara ini. Cukup sulit bagi orang asing untuk belajar, tetapi semoga video ini dapat membantu Anda memulai.

3. Belum pernah ada McDonald's di Kamboja

Kamboja adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak pernah memiliki McDonald's, bersama dengan Ghana dan Yaman. Negara-negara lain mungkin pernah memilikinya sekali kemudian mengusir mereka (seperti Islandia dan Bolivia), tetapi di Kamboja, McDonald's bahkan tidak pernah menginjakkan kaki!

Jika kamu menuju ke Kamboja, ada begitu banyak makanan lokal yang lezat untuk dicoba sehingga kamu tidak perlu mencari Big Mac. Jangan membuat kesalahan dengan bertanya secara online juga, karena kamu mungkin akan mendapatkan sedikit ejekan lembut. Meskipun tidak ada McDonald's yang layak di Kamboja, mereka memiliki Burger King, KFC dan McDonald's yang setara dengan mereka yang disebut "Lucky Burger".

4. Kamboja memiliki raja gay?

Kamboja memiliki seorang raja konstitusional sebagai kepala negara, yang dipilih oleh Dewan Tahta Kerajaan. Saat ini, raja adalah mantan penari balet dan belum menikah berusia 51 tahun, Raja Norodom Sihamoni. Ada banyak rumor yang dilaporkan dengan baik bahwa dia gay, terutama setelah ibunya (Ratu Monineath) tersentak ketika ditanya apakah dia akan segera menikah dan berseru: "Istri?" dia bertanya. “Dia hanya merasa Buddhis!”

Namun, tidak ada yang pernah dikatakan secara resmi dan Raja Sihamoni adalah raja yang sangat tertutup. Mengesampingkan gosip dan desas-desus, ada keramahan kaum gay di Kamboja, khususnya tempat gay di Phnom Penh dan bar gay di Siem Reap. Raja Norodom Sihanouk sebelumnya juga mendukung pernikahan gay di Kamboja selama pemerintahannya.

5. Nama baru untuk setiap pemerintahan Kamboja yang baru

Bukan rahasia lagi bahwa Kamboja memiliki masa lalu yang bergejolak. Negara ini telah berganti nama setiap kali pemerintah baru berkuasa dalam 60 tahun terakhir, dimulai dan diakhiri dengan “Kerajaan Kamboja.”

Monarki digulingkan dalam kudeta militer pada tahun 1970, sebagian karena toleransi Raja terhadap aktivitas pasukan Vietnam dan Viet Cong di dalam perbatasan Kamboja. Kediktatoran militer ini bernama Republik Khmer. Berikutnya adalah rezim Khmer Merah, atau Partai Komunis Kampuchea, yang menamakan negaranya “Kampuchea Demokratis” sambil melakukan tindakan genosida.

Vietnam menginvasi Kamboja sebagai tanggapan atas upaya invasi Khmer Merah dan Republik Rakyat Kampuchea didirikan oleh Kamboja yang didukung oleh Vietnam. Setelah pembubaran blok Soviet di Eropa, Vietnam kurang mendapat dukungan komunis dan menarik diri dari Kamboja, yang mulai membuat beberapa perubahan, termasuk nama baru Negara Kamboja. Perserikatan Bangsa-Bangsa membantu negosiasi damai dan akhirnya monarki dipulihkan dan negara itu menjadi Kerajaan Kamboja sekali lagi.

6. 95% orang Kamboja beragama Buddha

Ilustrasi Budha

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

Buddhisme adalah agama resmi Kamboja dan diperkirakan 95% dari populasi mempraktikkan Buddhisme Theravada. Agama Buddha telah dipraktikkan di Kamboja setidaknya sejak abad ke-5 M dan telah menjadi agama negara dari abad ke-13 hingga saat ini kecuali selama rezim Khmer Merah ketika praktik agama dilarang.

Kuil Buddha disebut Wats, dan ada banyak dari bangunan indah ini di seluruh negeri, Angkor Wat menjadi yang paling terkenal, tentu saja. Banyak pria menjadi biksu setidaknya untuk sementara selama satu tahun, atau terkadang lebih lama. Orang Kamboja mempraktikkan agama Buddha dengan melakukan tindakan untuk mendapatkan pahala, untuk memastikan mereka mencapai nirwana. Beberapa cara untuk mendapatkan jasa termasuk menyumbangkan uang kepada mereka yang membutuhkan, menyediakan barang dan/atau makanan kepada para bhikkhu di wat atau (khususnya untuk anak-anak) melakukan tugas di wat.

7. Kamboja memiliki salah satu populasi termuda di Asia Tenggara

Fakta menarik yang cukup suram tentang Kamboja adalah bahwa ia memiliki populasi yang sangat muda dengan sekitar sepertiga dari populasinya berusia kurang dari 15 tahun dan sangat sedikit orang yang berusia di atas 50 tahun. Selama pemerintahan Khmer Merah yang mengerikan di bawah Pol Pot di 1975-79, sekitar 2-3 juta dari 8 juta penduduk saat itu benar-benar babak belur sampai mati: peluru dianggap terlalu mahal untuk digunakan.

"Lapangan Pembunuhan" di dekat Phnom Penh dan salah satu gambar yang paling mencolok dan mengerikan adalah pohon di mana tentara Khmer Merah akan secara harfiah memukul bayi dan bayi sampai mati di batang pohon sebelum melemparkan mereka ke lubang terdekat.

8. Satu-satunya bendera yang menampilkan sebuah bangunan

Bendera Kamboja adalah satu-satunya bendera di dunia yang menampilkan sebuah bangunan. Bangunan itu, tentu saja, adalah keajaiban dunia yang terkenal di negara itu, Angkor Wat. Seperti Kamboja sendiri, bendera tersebut telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, biasanya setiap kali ada perubahan dalam pemerintahan, tetapi Angkor Wat tetap menjadi bagian dari desain di hampir semua contoh.

Tidak ada negara lain di dunia yang memiliki bangunan di atas bendera nasional, meskipun beberapa memiliki simbol alam seperti pohon (Lebanon) atau daun (Kanada). Ini menunjukkan betapa pentingnya Angkor Wat bagi masyarakat Kamboja. Antara tahun 1863 dan sekarang, hanya ada satu bendera Kamboja yang tidak menampilkan Angkor Wat selama Otoritas Transisi PBB di Kamboja antara tahun 1992-1993.

Selama berbagai kudeta dan rezim perang saudara Kamboja, detail bendera diubah, tetapi gambar Angkor Wat selalu ada bahkan selama rezim Khmer Merah.

9. Kamboja memiliki komunitas berbahasa Prancis terkecil di Asia Tenggara

Antara 1867 dan 1953 Kamboja adalah bagian dari Kekaisaran Kolonial Prancis. Selama periode ini Prancis juga menguasai Vietnam dan Laos, sementara Thailand berada di bawah kekuasaan Inggris. Selama penjajahan Prancis, Kamboja melihat perkembangan infrastruktur seperti pembangunan jalan dan rel kereta api, serta bahasa Prancis diajarkan kepada kelas elit pada awalnya, kemudian kepada massa.

Setelah Kamboja merdeka dari Prancis pada tahun 1953, bahasa Prancis tetap diajarkan secara luas di sekolah-sekolah dan masih digunakan untuk proses resmi pemerintah. Ketika Khmer Merah menguasai Kamboja, mereka secara sistematis mulai membunuh orang-orang Kamboja yang berpendidikan dan karena sebagian besar pendidikan dilakukan dalam bahasa Prancis, bahasa tersebut hampir musnah sepenuhnya.

10. Pariwisata adalah sumber pendapatan terbesar ke-2 di Kamboja

Dengan lebih dari 2,6 juta pengunjung hanya ke Angkor Wat setiap tahun, tidak mengherankan jika pariwisata menjadi sumber pendapatan terbesar kedua di Kamboja, setelah industri tekstil. Lebih dari enam juta pengunjung internasional memasuki negara itu setiap tahun, dan jumlah ini terus meningkat.

Bahkan di tahun 60-an (sebelum rezim Khmer Merah) Kamboja adalah salah satu tujuan wisata paling terkenal di Asia Tenggara, tetapi butuh beberapa waktu setelah Khmer Merah untuk memulihkan pariwisata. Angkor Wat dan Phnom Penh adalah tujuan paling populer di negara ini, diikuti oleh Sihanoukville dengan pantainya yang indah.

11. Tuk-tuk adalah alat transportasi utama yang digunakan di Kamboja

Ilustrasi Angkor, Tuk Tuk di Kamboja

Photo :
  • Pixabay/ travel photographer

Di banyak negara Asia Tenggara, kamu akan menemukan versi tuk-tuk, juga disebut becak otomatis, becak, atau remorque. Tuk-tuk Kamboja sedikit berbeda dengan yang ada di Thailand, yang biasanya semacam alat roda tiga yang terlihat sedikit seperti sepeda motor di bagian depan, dan terhubung dengan tempat duduk penumpang yang lebih lebar dan tertutup di bagian belakang.
Tuk-tuk Kamboja, umumnya terdiri dari sepeda motor yang menarik trailer terpisah tempat penumpang naik. Karena masa lalu negara Prancis, tuk-tuk ini juga disebut remorques, kata Prancis untuk trailer. Sama seperti Thailand, berkeliling dengan tuk-tuk adalah cara yang menyenangkan dan biasanya lebih aman untuk dijelajahi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya