6 Istana Kepresidenan Termegah dan Unik di Dunia, Ada Istana Merdeka

Istana Merdeka
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Hampir setiap negara di dunia memiliki istana kepresidenan untuk para pemimpin negaranya. Sebab, pemimpin negara adalah orang nomor satu di negara tersebut, yang tentu saja istana negara atau kepresidenan mempunyai wibawa sendiri. Itulah mengapa banyak sekali istana kepresidenan yang dibuat semegah dan semewah mungkin. Apalagi istana kepresidenan ini sering dipakai untuk menjamu para tamu kenegaraan yang berasal dari negara lain. 

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Tidak jarang, mayoritas dari istana negara ini dibangun seindah mungkin sebagai simbol kenegaraan. Bukan hanya bangunan biasa saja, istana kepresidenan di beberapa negara di dunia juga dibangun dengan desain yang sangat ikonik, kokoh, fungsional, dan juga menarik secara estetik. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut ini adalah istana kepresidenan dengan desain unik dan ikonik yang harus kamu ketahui. 

1. Grand Kremlin Palace, Rusia

11 Orang Ditangkap saat Polisi Gerebek 3 Rumah Mewah di Teluk Naga, Ternyata Markas Judi Online

Moscow Kremlin

Photo :
  • U-Report

Grand Kremlin Palace adalah salah satu istana kepresidenan unik yang dimiliki oleh Rusia. Istana ini berada di Moskow yang merupakan jantung ibu kota negara Rusia. Selain menjadi bangunan yang sangat mewah dan megah, Grand Kremlin Palace ini juga menjadi bangunan bersejarah. Bahkan, bangunan ini juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. 

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

Istana negara yang satu ini dibangun dari tahun 1837 sampai 1849. Bangunan ini juga dirancang oleh seorang seniman ternama di Rusia yang bernama N Chichagov, V Bakharev, N Shokhin, P Gerasimov, dan F Solntsev. Bangunan ini berdiri di lahan seluas 25.000 meter persegi dengan panjang mencapai 125 meter dan tinggi 47 meter. Di dalam bangunan ini ada 700 kamar, ruangan super mewah yang terdiri dari aula masuk dan lima aula megah. 

Beberapa di antaranya adalah Georgievsky Hall, Catherine Hall, Vladimirsky Hall, Conference Room dan the Faceted Chamber. Kompleks pemerintahan Rusia ini pada awalnya adalah tempat tinggal para Tsar atau bangsawan Rusia. Tapi sekarang, bangunan ini menjadi kantor dari Presiden Vladimir Putin. Tampilan eksterior bangunan ini masih mengusung dekorasi lama sekira abad ke-17. 

2. Rashtrapati Bhavan, India

Rashtrapati Bhavan, India

Photo :
  • Tangkapan Layar

Rashtrapati Bhavan ini adalah istana kepresidenan India yang berada di ujung barat Rajpath, New Delhi. Bangunan megah ini sudah berdiri sejak tahun 1929 dan dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Edwin Landseer Lutyens. Bangunan ini berdiri dengan empat lantai dan terdiri dari 340 ruangan. Luasnya mencapai 18 ribu meter persegi dengan memakai 700 juta batu bata. 

Rashtrapati Bhavan ini dibangun dalam dua warna batu pasir dan mencerminkan perpaduan antara gaya arsitektur Mughal dan Eropa Klasik. Aspek yang paling menonjol dan membedakan bangunan ini adalah kubah besar yang terstruktur dengan pola stupa besar. Kubah itu tampak dari kejauhan mempunyai tiang tiang panjang yang menambah kesan kemegahan bangunan. 

3. Istana Negara Ak Orda, Kazakhstan

Istana Negara Ak Orda, Kazakhstan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Berada di Astana, proses pembangunan istana kepresidenan ini memakan waktu selama 3 tahun dan diresmikan tahun 2004. Berbeda dengan istana negara yang lain, istana ini tidak dijadikan sebagai kediaman resmi presiden dan hanya menjadi kantor resminya saja. Kubah emas dan biru membuat bangunan ini tampak menonjol di antara bangunan lain di kota tersebut. Kemudian ada kubah yang sangat menarik perhatian dan lantainya memakai 21 motif.

4. Alvorado Palace, Brasil

Alvorado Palace

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bila kebanyakan istana kepresidenan mengusung gaya klasik, berbeda dengan istana kepresidenan Brasil yang justru bergaya modern. Istana negara ini lebih mirip seperti museum seni yang megah dengan eksterior kaca dan marmer mencolok, garis-garis yang tak kaku, dan kolam biru yang cantik. Bangunan ini juga dilengkapi dengan bioskop, ruang fitness, kolam renang air panas, dan gudang anggur. Tapi sayang, pengunjung tidak bisa memasukinya. 

5. Istana Merdeka, Indonesia

Istana Merdeka

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Istana Merdeka adalah kantor kepresidenan sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Lokasi bangunan ini berada di jantung pusat ibu kota Jakarta dan berada tidak jauh dari Tugu Monumen Nasional. Istana kepresidenan ini adalah bangunan bersejarah yang kemudian dialihfungsikan sebagai kantor negara sejak zaman presiden pertama RI Soekarno. 

Awalnya, Istana Merdeka adalah kediaman pribadi seorang warga negara Belanda bernama JA van Braam. Tapi kemudian bangunan ini diambil alih oleh pemerintah Hindia-Belanda dan dijuluki sebagai Hotel Gubernur Jenderal. Ketika itu, bangunan ini bertingkat dua. Tahun 1848 tingkat atasnya diruntuhkan dna bagian depan dibuat lebih lebar sebagai bentuk kepresidenan. 

6. Hofburg Palace, Austria

Hofburg Palace, Austria

Photo :
  • Tangkapan Layar

Satu lagi istana kepresidenan terkenal yaitu Hofburg Palace. Istana kepresidenan ini berada di jantung ibu kota Austria yang bernama Vienna. Indah dan megah adalah ciri khas bangunan yang satu ini. Tidak jarang wisatawan yang menjadikan Hofburg Palace sebagai tujuan wisatawan yang datang ke Austria. 

Bangunan ini selesai konstruksinya tahun 1279. Kini, Hofburg Palace dipakai sebagai tempat pertemuan para pejabat penting sampai dipakai sebagai sebuah tempat untuk menjamu tamu kenegaraan. Ketika datang ke Austria, mengunjungi megahnya Hofburg Palace adalah hal seru yang dapat dilakukan di Austria. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya