7 Tempat Wisata di Majalengka yang Memukau dan Seru Banget!

Tempat wisata di Majalengka
Sumber :
  • Instagram @cikadongdong_rivertubing

VIVA –Tempat wisata di Majalengka mungkin banyak dicari bagi kamu yang sedang mencari destinasi berlibur saat pergi ke daerah Majalengka. Saat ini Majalengka dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah. Padahal dulunya hanya dikenal sebagai lumbung padi Jawa Barat saja. 

Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket hingga Siapkan Extra Flight Libur Panjang Isa Almasih

Pada kali ini akan diberikan sejumlah rekomendasi tempat wisata di Majalengka yang bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk dikunjungi. Wisatanya memang didominasi dengan wisata alam yang akan memanjakan mata, hati dan pikiran. Maka dari itu sangat cocok bagi kamu yang ingin refreshing dari hiruk pikuknya perkotaan. Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi tempat wisata di Majalengka yang bisa kamu ketahui.

1. Curug Sempong 

Ajakan Rujuknya Ditolak, Pria Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

Curug Sempong 

Photo :
  • Instagram @umar_mf

Selanjutnya ada Curug Sempong yang menjadi salah satu tempat wisata di Majalengka yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Dinamakan Sempong, karena curug ini berada di dalam dinding tebing. Sempong sendiri berasal dari bahasa Sunda yakni “nyempong”. Keberadaan curug ini ada diantara dua dinding batu dan tinggi curugnya mencapai 10 meter. Curug ini terletak di Desa Sidamukti, Kabupaten Majalengka.

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Ada juga kolam di bawah air terjunnya yang kedalamannya mencapai 6 meter. Karena cukup dalam, maka dari itu kolam ini tidak dianjurkan sebagai tempat berenang untuk para wisatawan karena mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Bagi kamu yang ingin datang ke curug ini, medan yang akan dilewati cukup ekstrem dan curam. Akan sangat memacu adrenalin dan tentunya menjadi pengalaman yang seru. 

2. Telaga Herang 

Telaga Herang

Photo :
  • Instagram @kikay.id

Tempat wisata di Majalengka lain yang bisa menjadi pilihan adalah Telaga Herang. Telaga ini menjadi salah satu destinasi wisata alam dengan pemandangan danau yang airnya berasal dari Gunung Ciremai. Letak telaga ini ada di Lengkong Kulon, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Warna air yang dimiliki telaga ini sangat jernih sehingga para wisatawan bahkan dapat melihat dasar danau dan ikan-ikan yang berenang. Ikan-ikan yang ada di Telaga Herang ini tidak boleh ditangkap karena bisa dikenakan denda dengan jumlah yang cukup besar. Jadi, tetap ikuti peraturannya ya saat berwisata. 

3. Paralayang Adventure Land 

Paralayang Adventure Land 

Photo :
  • Instagram @wisatacirebon_id

Salah satu tempat wisata di Majalengka yang bisa dijadikan sebagai tujuan destinasi yakni adalah Paralayang Adventure Land. Wisata ini menyuguhkan wahana adrenalin dan sebagai spot paralayang yang cukup populer di Jawa Barat. Tempat ini terletak di Desa Sidamukti, Kabupaten Majalengka yang dimana para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Ciremai dan wilayah Majalengka. Ada banyak titik yang bisa menjadi spot foto bagi para pengunjung yang hanya ingin bersantai dan mengabadikan momen dengan latar belakang foto Gunung Ciremai. 

Pengunjung juga bisa berburu sunset dan sunrise di tempat wisata ini. Selain itu, disediakan juga beberapa penginapan yang ada di sekitar lokasi Paralayang Adventure Land bagi wisatawan yang ingin menginap. Dari penginapan tersebut, kamu dapat melihat pemandangan bukit di malam hari yang tak kalah indah saat masih terang. 

4. Cikadongdong River Tubing

Tempat wisata di Majalengka

Photo :
  • Instagram @cikadongdong_rivertubing

Cikadongdong River Tubing bisa menjadi pilihan tempat wisata bagi kamu yang menyukai wahan outbound. Wisata yang satu ini menyuguhkan wahana adrenalin yang sangat seru untuk dicoba. Letaknya berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Kamu bisa mencoba wahana arung jeram di Sungai Cikadongdong yang aliran airnya deras. Saat bermain wahana arung jeram tentu wisatawan akan dipandu oleh pemandu selama berlangsungnya kegiatan river tubing (arung jeram).

Kamu juga aka melihat pemandangan asri seperti poepohanan di sepanjang perjalanan kegiatan arung jeram dan sungai. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman yang tidak akan terlupakan saat bermain arung jeram sambil basah-basahan di sungai. Selain itu, ditawarkan juga paket river tubing dengan santapan nasi liwet. Jadi, setelah puas bermain arung jeram dan kelelahan wisatawan bisa langsung mengisi perut dengan menyantap nasi liwet. 

5. Puncak Sawiyah 

Puncak Sawiyah

Photo :
  • Instagram @gunung_ciremai

Selanjutnya ada Puncak Sawiyah sebagai tempat wisata di Majalengka yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata. Puncak Sawiyah yang lokasinya berada di dataran tinggi ini bisa kamu datangi karena wisatawan bisa melihat pemandangan dari Gunung Galunggung, Talaga Bodas, Gunung Papandayan dan Bandara Kertajati. 

Puncak Sawiyah juga bisa dijadikan sebagai spot untuk foto dan mengabadikan momen. Tak hanya itu saja, terdapat juga Curug Remis yang tersedia di lokasi ini. Air terjunnya diketahui masih sangat alami sehingga airnya juga sangat jernih. Wisatawan yang ingin mengunjungi Puncak Suwiyah ini letaknya ada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka.  

6. Gunung Ciwaru 

Gunung Ciwaru 

Photo :
  • Instagram @gunungciwaru

Tempat wisata di Majalengka lainnya ada Gunung Ciwaru yang letaknya berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Pengunjung yang mendatangi tempat ini akan disuguhkan hamparan hutan pinus dan pemandangan alam di dataran tinggi yang indah. Pengunjung yang ingin ke Gunung Ciwaru ini harus mau berjalan kaki sekitar 300 meter jika memang ingin menikmati pemandangan dari puncak. 

Kamu juga bisa melihat Gunung Ciremai sebagai gunung tertinggi di Jawa barat dari atas puncak Gunung Ciwaru. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakannya sebagai spot foto dengan latar pemandangan yang indah. Tidak perlu khawatir karena Gunung Ciwaru ini memiliki berbagai fasilitas bagi pengunjung seperti area parkir, toilet, gardu pandang dan warung makan.

7. Terasering Panyaweuyan 

Terasering Panyaweuyan Argapura, Majalengka.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata di Majalengka yang satu ini sempat menjadi viral di media sosial. Terasering Panyaweuyan yang terletak di lereng Gunung Ciremai ini menyuguhkan pemandangan indah yang tak kalah dari tempat-tempat sebelumnya. Terasering ini bentuknya berundak-undak dan merupakan perkebunan bawang merah. 

Terasering  Panyaweuyan sangat cocok sebagai spot foto dan menjadi incaran banyak fotografer karena tatanannya yang rapi. Tempat wisata yang satu ini jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Majalengka hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. Letaknya berada di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Bagi kamu yang ingin melihat tanaman bawang merahnya tumbuh daun, pengunjung bisa mengunjungi di bulan Desember-Februari. 

Itulah sejumlah rekomendasi tempat wisata di Majalengka yang bisa menjadi pilihan untuk berwisata. Pilihlah destinasi wisata yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. Selamat berlibur!

Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 25 Desember 2018.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Polri memastikan pengamanan lalu lintas (lalin) di sejumlah kawasan wisata saat libur panjang atau long weekend yang dimulai sejak 9 Mei hingga 12 Mei 2024 mendatang. Ada

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024