Pantai Siung Yogyakarta dengan Daya Tarik Spot Panjat Tebing Terbaik

Pantai Siung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pantai Siung merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta. Pantai ini adalah satu diantara pantai-pantai indah lainnya yang menjadi objek wisata bagi para wisatawan yang melancong ke Yogyakarta. Bagi kamu yang punya niatan berlibur ke kota wisata ini, jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Pantai Siung ini karena diketahui juga pantai ini memiliki spot panjat tebing terbaik. 

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Sebagai tempat wisata umum, pantai ini bisa dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam dari laut yang begitu memesona. Tempat ini juga sangat cocok untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Tentu kamu pasti penasaran mengenai pantai ini lebih dalam kan? Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang Pantai Siung Yogyakarta yang dihimpun dari berbagai sumber.

Lokasi dan Rute Jalan ke Pantai Siung

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Pantai Siung, Gunungkidul.

Photo :
  • U-Report

Pantai ini terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak lokasi pantai dari pusat kota sekitar 77 km. Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa rute jalan yang bisa pengunjung lewati untuk menuju pantai ini. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Rute dari kota Yogyakarta

Pengunjung yang melakukan perjalanan dari pusat kota, bisa melalui arah jalan Piyungan dengan menuju ke Wonosari. Kemudian lanjutkan perjalanan ke ke arah selatan menuju Pantai Baron. Setelah berjalan sekitar 9 km, tak jauh dari sana pengunjung akan menemukan pertigaan di desa Mulo. Kemudian lurus terus ke arah Pantai Baron dan masuk ke jalur Mentel, setelah itu bintaos Tepus pertigaan Winangun.

Rute dari Klaten

Jika pengunjung memulai perjalanan dari arah Klaten, bisa melalui Semanu dengan menuju Giripanggung lalu Sumberwungu. Setelah itu lanjutkan menuju arah Klayu, Gude, Blekonang, Winangun dan barulah sampai di Pantai Siung.

Rute dari Solo

Sementara, apabila pengunjung berangkat dari Solo, maka bisa berangkat dari arah Praci. Kemudian menuju ke arah Kecamatan Rangkok atau Kecamatan Baran. Selanjutnya lanjutkan perjalanan menuju ke sebelah selatan arah Ngelindur. Setelah itu pengunjung akan menemukan pasar Ngrancah. Pengunjung masih harus berbelok ke kanan dan melewati pasar Jepitu. Barulah lurus ke arah pertigaan Winangun, belok kiri dan akan sampai di Pantai Siung.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini perlu membeli tiket masuk per orang yang harus dibayar. Harga tiket masuk (HTM) pantai ini terbilang masih terjangkau dan murah hanya sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk harga retribusi Pantai Jogan dan pantai Nglambor.

Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaran juga akan dikenakan biaya parkir. Harga parkir untuk kendaraan roda dua atau motor sebesar Rp2.000 dan harga parkir untuk kendaraan roda empat atau mobil sebesar Rp5.000. 

Untuk informasi tambahan, pengunjung yang melakukan camping dan memarkir kendaraan mereka dengan jangka waktu tertentu, maka perlu membayar biaya tambahan. 

Sementara untuk jam operasionalnya, pantai ini buka selama 24 jam setiap hari. Sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir jika tempatnya akan tutup jika terlalu sore atau terlalu malam. Pengunjung hanya tinggal menentukan waktu yang tepat saja untuk berkunjung. Maka dari itu para wisatawan dimungkinkan untuk bercamping di area sekitar pantai. 

Daya Tarik Pantai Siung

Sama seperti pantai-pantai lainnya, salah satu pantai di Yogya ini juga memiliki sejumlah daya tarik yang dapat membuat para wisatawan mengunjungi tempat ini. Berikut daya tarik Siung yang bisa dinikmati oleh pengunjung. 

1. Pasir putih di pantai

Pantai Siung, Gunungkidul.

Photo :
  • U-Report

Bila membahas tentang pantai, tentu tidak akan jauh dengan pasir yang melengkapi pesona pantai tersebut. Warna pasir di Pantai Siung ini putih sehingga menjadi perpaduan yang bagus dengan warna laut, langit dan tebing-tebing di sekitarnya. Kamu bisa bermain pasir dan air di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan. Menyaksikan deburan ombak disertai pemandangan alam yang istimewa di pantai Apalagi saat pasir pantai terkena cahaya matahari, tentu akan semakin membuat pasir tersebut mengesankan. Pasir pantai juga menjadi salah satu daya tarik di pantai karena bisa benar-benar merasakan alam. Jika wisatawan berkunjung bersama keluarga, tentu akan lebih seru dengan bermain pasir di pinggir pantainya sambil tertawa ria. 

2. Bukit di sekitar pantai

pantai Siung

Photo :
  • jogjabackpacker.com

Di sekitar pantai juga terdapat bukit-bukit tinggi yang menambah keindahan tempat wisata ini. Pengunjung bisa menaiki bukit dan melihat indahnya pemandangan laut dan pantai secara keseluruhan dari ketinggian. 

Bukti tersebut berada di sebelah timur pantai dan bisa dinaiki melalui jalur yang sudah disediakan untuk pengunjung. Meskipun jalurnya sudah disediakan, pengunjung tetap harus berhati-hati karena di sebelah bukit tersebut ada jurang yang tinggi. 

Dari atas bukit ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan dan juga bisa melihat matahari terbenam atau sunset. Sementara bagi yang melakukan camping, bisa juga memburu momen sunrise saat matahari terbit di cuaca yang cerah tentunya. 

3. Camping di sekitar pantai

Pengunjung juga bisa melakukan camping di sekitar pantai untuk menikmati suasana alam dan keindahannya. Area camping terletak di sebelah Timur pantai dan pengunjung bisa mendirikan tenda di sana. Hal menarik yang bisa didapatkan dari bercamping adalah pengunjung dapat merasakan suasana romantisme pantai di sore hari karena hembusan angin dari arah pantai yang disertai suara deburan ombak dan aroma laut yang menenangkan. 

Sementara itu, saat malam hari kamu bisa memandangi indahnya langit di atas laut dan bila beruntung kamu bisa melihat bintang jika sedang muncul. Selain itu, tersedia juga rumah panggung di area camping untuk menjangkau pemandangan laut dengan lebih luas. Rumah panggung tersebut bisa menampung hingga 15 orang pengunjung. 

4. Kegiatan memanjat tebing

Pantai Siung, surganya memanjat tebing

Photo :
  • http://www.gundulblog.info

Objek wisata ini juga menyediakan aktivitas bagi pengunjung yang menyukai tantangan dan kegiatan yang memicu adrenalin seperti panjat tebing. Lokasi tebing yang bisa dipanjat berada di dekat pantai dan bahkan diketahui kerap menjadi lokasi perlombaan panjat tebing. Kegiatan ini juga menjadi yang paling menarik di pantai ini karena diketahui memiliki 250 jalur panjat tebing. 

5. Spot foto keren

Pantai Siung Yogyakarta

Photo :
  • U-Report

Sebagai objek wisata, tentu Pantai Siung memiliki banyak spot foto yang menarik dan keren. Apalagi pengunjung yang berwisata pasti akan mengabadikan momen liburan mereka dengan berfoto di spot-spot yang menarik. Misalnya seperti di pinggir pantai dengan pasirnya yang putih, di depan latar belakang tebing, dari atas tebing dan spot-spot menarik lainnya. 

Pengunjung yang suka berswafoto tentu akan betah, apalagi mereka yang pecinta fotografi dan suka berburu potret pemandangan alam. Pastinya akan sangat menarik untuk melakukannya di pantai ini dan menghasilkan foto-foto yang menarik untuk disimpan dan dibagikan. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai Pantai Siung Yogyakarta yang bisa kamu ketahui dan menjadi referensi apabila tertarik untuk berkunjung. Jadi kamu sudah memiliki gambaran tujuan destinasi wisatamu. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024