Indahnya Pesona Sungai Aare, Ini Aturan Berenang yang Harus Kamu Tahu

Sungai Aare
Sumber :
  • bern.com

VIVA – Sungai Aare adalah sungai terpanjang di Swiss. Itu berasal dari gletser Oberaar di Pegunungan Alpen Bernese timur, mengalir melalui danau Brienz dan Thun, melewati ibu kota federal Bern, disalurkan ke Danau Biel, mengikuti kaki selatan jajaran Jura dan akhirnya mengalir ke Rhine di Koblenz, di barat laut Swiss. Kapal penumpang beroperasi di bagian danau dan sungai dari Biel ke Solothurn.

Cek Penerapan Aturan Impor untuk PMI di Bandara Soetta, Mendag Zulhas Temukan Ini

Tidak jauh dari sumbernya di wilayah Grimsel, sungai ini melintasi jurang Aare yang berkedalaman 200 meter di dekat Meiringen. Dari sini, Aare mengalir ke arah Brienz, di mana awalnya mengalir ke Danau Brienz, dan kemudian ke Danau Thun di Interlaken. Kapal penumpang terjadwal termasuk kapal uap dayung bersejarah beroperasi di kedua danau ini di pinggiran Pegunungan Alpen.

Di Thun, Aare meninggalkan Danau Thun dan mengalir menuju ibu kota federal Bern, bagian sungai yang sangat populer di kalangan nakhoda perahu karet. Di Bern, sungai membentuk "lingkaran Aare" yang terkenal di sekitar kota tua Bernese.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Pastikan Tak Ada Lagi Haji Ilegal Tahun Ini

Sementara jalur asli Aare yang lama, hari ini hanya sungai kecil yang tenang mengalir melewati sisi kanan Danau Biel, jalur sungai yang disalurkan mengalir ke Danau Biel. Kapal penumpang beroperasi di Danau Biel dan, pada bulan-bulan musim panas, di bagian sungai berikut dari Biel ke Solothurn.

Meninggalkan Solothurn, Aare mengalir menuju debouchure-nya, melewati dua kota Olten dan Aarau hingga mencapai Brugg, di mana, setelah pembukaan lembah yang sempit, Aare menyatu dengan dua sungai besar Reuss dan Limmat, dan di Koblenz, setelah 291 km , akhirnya membuka ke Rhine.

Terbitkan Aturan Penanganan Permasalahan Bank Umum, OJK Antisipasi Situasi Geopolitik Global

Fasilitas memadai di sekitar Sungai Aare

berenang di Sungai Aare

Photo :
  • bern.com

Sungai Aare akhir-akhir ini jadi sorotan lantaran anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz hilang saat berenang di sungai Aare. Sungai Aare memiliki keindahan yang menakjubkan. Disana, memang memiliki beberapa fasilitas seperti loker untuk menitipkan barang-barang ketika ingin berenang di sungai Aare. 

Di sebelah sungai Aare terdapat sebuah papan informasi seperti suhu udara, dan informasi lainnya mengenai sungai Aare. Disana juga terdapat papan informasi terkait peraturan yang tidak boleh dilakukan di sungai Aare.

Seperti anak kecil harus didampingi oleh orang dewasa, tidak boleh minum-minuman keras (mabuk), serta tidak boleh langsung berenang ke sungai. Di sebelah sungai Aare juga terdapat seperti tanah lapang, yang bisa digunakan untuk bersantai maupun olahraga.

Sungai Aare memiliki infrastruktur yang sangat memadai. Di pinggir sungai terdapat tangga kecil untuk menuju sungai Aare dan juga ada bebatuan kecil untuk jalan menuju kedalaman sungai Aare. 

Hal ini agar para warga yang ingin berenang disana tidak langsung masuk ke kedalaman sungai Aare. Disana juga terdapat pelampung untuk membantu perenang yang mendapatkan kesulitan saat berenang.

Tak jauh dari sungai Aare juga terdapat kolam renang yang bisa digunakan untuk umum. Kolam renang ini biasanya digunakan untuk anak-anak karena tidak memungkinkan untuk berenang di sungai Aare.

Melansir dari kanal YouTube Syarif Zapata, ia mengatakan jika di sungai Aare ada penjaga atau yang memantau para perenang yang renang di sungai Aare. Penjaga tersebut menyarankan untuk tidak berenang sendirian.

Aturan berenang di Sungai Aare

Sungai Aare

Photo :
  • bern.com

Melansir dari website Bern, berikut beberapa aturan yang harus kamu ketahui jika ingin berenang di sungai Aare.

6 aturan keamanan renang:

  • Hanya izinkan anak-anak di dekat air jika diawasi, anak kecil harus berada dalam jangkauan tangan!
  • Jangan pernah masuk ke air jika kamu berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan! Jangan pernah berenang dengan perut penuh atau sangat kosong.
  • Jangan pernah melompat ke dalam air jika kamu kepanasan! Tubuh kamu membutuhkan waktu untuk menyesuaikan.
  • Jangan menyelam ke area air yang keruh atau tidak dikenal! Yang tidak diketahui bisa berbahaya.
  • Airbeds dan alat bantu renang tidak boleh digunakan di air yang dalam! Mereka tidak menawarkan perlindungan apa pun.
  • Jangan pernah berenang jarak jauh sendirian! Bahkan perenang terbaik pun dapat mengalami serangan kelemahan.

6 aturan keamanan sungai:

  • Pengendara perahu karet harus dilengkapi dengan jaket pelampung.
  • Muatan yang ditentukan untuk kapal tidak boleh dilampaui. Hanya perenang yang baik dan berpengalaman yang boleh menjelajah ke perairan terbuka (sungai, waduk, dan danau).
  • Jangan mengikat perahu bersama-sama. Mereka tidak bisa lagi bermanuver.
  • Aliran sungai yang tidak diketahui harus dipandu terlebih dahulu sebelum perjalanan.
  • Hipotermia dapat menyebabkan kram otot. Semakin dingin air, semakin pendek tinggal di dalam air!
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya