5 Hal yang Ditawarkan Pariwisata Australia untuk Pelancong Indonesia

Lone Pine Koala Sanctuary, Brisbane, Quensland, Australia
Sumber :
  • Rochimawati / VIVA.co.id

VIVA – Pandemi COVID-19 yang berangsur membaik di seluruh dunia mengembalikan rasa rindu terhadap pariwisata di berbagai negara. Termasuk masyarakat Indonesia yang begitu merindukan suasana baru untuk melepas penat dengan mengunjungi negara-negara tetangga.

Diduga Wisatawan Indonesia Rusak Pohon Sakura di Jepang, Netizen: Bikin Malu

Salah satu negara yang dekat dengan Indonesia dan telah membuka perbatasan negaranya adalah Australia. Negeri Kangguru itu kini telah siap menyambut wisatawan dari mancanegara untuk berlibur di sana. Pariwisata adalah hal yang sangat penting bagi Australia, dan Indonesia adalah pasar penting yang berkembang untuk mendukung pariwisata di Australia.

“Australia telah lama menjadi wisata outbound yang populer bagi wisatawan Indonesia, di mana 74% merupakan pengunjung berulang," kata Brent Anderson, Regional General Manager South and South-East Asia, Tourism Australia, dalam diskusi dengan media di Setiabudi 2 Building, Selasa 31 Mei 2022.

Australia Akan Sahkan UU yang Mengatur Suku Pribumi Aborigin

Di era baru perjalanan global ini, Australia membuka kembali peluang tak terbatas untuk menjelajahi alamnya sambil menikmati pemandangan kota kosmopolitan dengan budaya multikultural yang indah. Ada berbagai pengalaman baru yang akan didapatkan, kreativitas, dan berkelanjutan untuk memikat wisatawan Indonesia.

Salah satu daya tarik utama wisata Australia bagi orang Indonesia adalah keindahan alam yang memikat, satwa liar, hingga beragam hewan langka seperti Koala.

Kembali Dibuka, Taiwan Targetkan 150 Ribu Wisatawan Asal Indonesia

Selain itu, Australia juga dianggap sebagai negara yang aman, dengan makanan yang enak, bersih, kota-kota yang meriah, dan negara yang ramah dikunjungi bersama keluarga.

Namun, apa saja jenis wisata yang ditawarkan Australia bagi pelancong Indonesia? Berikut ini adalah penjelasannya, seperti dirangkum dari diskusi Tourism Australia dengan awak media.

Wisata budaya Aborigin

Australia menjadi rumah bagi budaya hidup tertua di dunia, yaitu Suku Aborigin. Melalui terobosan kreatif dari lintas generasi pengusaha ekowisata dan cerita pengalaman unik, wisatawan tidak hanya dapat mengalami tetapi juga mendengarkan langsung cerita dari masyarakat lokal.

Salah satunya adalag "Gay-Wu - Tur Dilly Bag". Tur yang diperuntukan khusus wanita ini diselenggarakan oleh para wanita Yolngu yang akan berbagi filosofi dan kisah astrologi Aborigin. Tur ini terbukti populer di kalangan pengunjung. Selain itu, wisatawan juga dapat mengikuti upacara healing, sambil mempelajari seni tradisional dan tanaman obat.

Ada juga tur untuk melihat bintang di Yagurli. Kegiatan yang jarang dilakukan di kota-kota Asia Tenggara ini menyuguhkan perpaduan langit malam dengan cerita Aborigin oleh pemandu Gangalidda di wilayah pedalaman Burketown Queensland. Selain itu, ada Cagar Alam Bumi bebas karbon di Alice Springs di wilayah Utara Australia, observatorium dan Festival Dark Skies.

Sustainable wellness

Pelaku usaha pariwisata di Australia terus berinovasi untuk memberikan akomodasi yang berdampak positif serta mengintegrasikan kearifan lokal dan bahan autentik lokal ke dalam penawaran kesehatan dan F&B mereka.

Menjauh sejenak dari teknologi dan kembali terhubung dengan alam adalah salah satu cara terbaik bagi seseorang untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Salah satunya yang bisa dikunjungi saat berlibur di Australia adalah Crystalbrook.

Resor mewah di Teluk Byron ini memproduksi daging sapi sendiri di Stasiun Crystalbrook dengan 80 persen produk di restorannya berasal dari wilayah sekitar dengan jarak tempuh tiga jam dari resor. Tempat ini mengatakan tidak pada botol plastik dan menawarkan wadah kompos dan biodegradable beserta botol kaca yang dapat digunakan kembali. Mereka juga telah membuang lebih dari 375.000 botol plastik setiap tahun.

Keberagaman alam dan satwa

Pemandangan dan margasatwa Australia sangat bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya, pesisir ke pesisir, pantai, sungai, juga gunung. Melupakan kehidupan modern bisa dilakukan dengan berkunjung ke Lord Howe Island (NSW).

Pulau ini adalah salah satu warisan dunia, surga dunia di mana kemewahan dan aktivitas outdoor bertemu. Dengan hanya 400 pengunjung yang diizinkan setiap saat, Lord Howe yang indah tidak pernah terasa penuh sesak. Untuk menuju pulau ini, dibutuhkan waktu tempuh kurang dari dua jam perjalanan dari Sydney ke Brisbane.

Australia bagian barat

Anda akan menemukan hewan paling bahagia dan lucu di Bumi (Quokka) di Rottnest Island. Rotto adalah daerah bebas kendaraan dan cara terbaik untuk berkeliling menikmati suasana adalah dengan bersepeda. Anda bisa menyewa sepeda dari perusahaan feri setibanya di pulau.

Kreativitas

Australia dikenal juga sebagai inovator dalam pendidikan dan eksplorasi makanan. Beragam kuliner yang berkembang di negara ini didorong oleh keanekaragaman kulturnya. Kreativitas warga Australia yang tidak terbatas dalam seni, desain, musik, inovasi, dan makanan hadir bersama di banyak festival yang diadakan sepanjang tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya