Ombak Terbaik di Dunia, Ini 5 Fakta Menarik Kepulauan Mentawai

Kawasan Aloita Resort di Pulau Simakakang, Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Sumber :
  • Courtesy Aloitaresort16

VIVA – Ombaknya tercantik di dunia. Fakta menarik Kepulauan Mentawai, Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, kepulauan Mentawai terdiri dari empat kepulauan yang berpenghuni terdiri dari Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagi Utara dan Pulau Pagi Selatan. Selain itu juga terdapat beberapa pulau kecil lainnya yang juga berpenghuni tetapi sebagian besar ditanami oleh pohon kelapa.

Fakta Baru Mayat Wanita dalam Koper, Arif Sudah 2 Kali Berhubungan Badan dengan Rini

Pulau tersebut dihuni oleh kebanyakan Suku Mentawai sedangkan luas kabupaten ini mencapai 6.011 Kilometer Persegi. Pada tahun 2017 jumlah penduduknya mencapai 80 ribu lebih jiwa, tentunya sangat banyak menarik mengenai Mentawai.

Berikut beberapa fakta menarik kepulauan mentawai, Ombaknya terbaik di dunia, seperti dikutip dari Channel Youtube Creative Hamdi sebagai berikut:

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

1. Suku Mentawai

Penduduk suku Mentawai, Sumatra Barat.

Photo :
  • U-Report

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Suku Mentawai merupakan penghuni asli kepulauan Mentawai, suku ini juga merupakan suku tertua di Indonesia, Nenek Moyang dari suku Mentawai diketahui oleh para peneliti sudah mendiami kepulauan ini sejak 500 sebelum masehi.

Suku Mentawai memiliki keagaman dan kepercayaan tersendiri bernama Sabulungan, mereka dipercaya bahwa hutan, tumbuhan dan binatang memiliki roh dan jiwa, ketika roh tidak dirawat dengan baik, maka roh tersebut dapat menyebabkan kesialan dan munculnya penyakit.

Ketika mereka sakit akan dibantu oleh dukun mentawai, dukun ini bisa mengobati bermacam penyakit seperti flu, sakit kepala, hingga patah tulang. kebudayaan dan adat istiadat yang dimiliki oleh suku mentawai sangatlah kuat meskipun berada di zaman modernisasi mereka tetap teguh menjaganya.

2. Tato Tertua

Tato Mentawai atau atau Tato Titi merupakan seni melukis diatas kulit yang dibuat oleh Suku Mentawai, bagi mereka Taro merupakan busana abadi yang dapat dibawa mati. Selain itu juga tato ini berfungsi sebagai menunjukan jati diri dan perbedaan status sosial dalam masyarakat. Objek seperti batu, hewan dan tumbuhan dalam tradisi orang Mentawai harus diabadikan di dalam tubuh mereka.

Tato Mentawai dinobatkan sebagai seni lukis tato tertua di dunia yang sudah ada sejak tahun 1500 Sebelum Masehi lebih tau dari tato Mesir yang baru muncul pada tahun 1300 Sebelum Masehi. Sedang yang membuat tato disebut Sipatiti, Sipatiti tersebut akan dibayar dengan seekor babi.

3. Meruncingkan Gigi

Suku Mentawai memiliki tradisi unik yakni meruncingkan gigi, tradisi ini merupakan simbol kecantikan dan sebagai tanda kedewasaan bagi wanita Suku Mentawai. Dalam tradisi ini mereka harus menahan sakit saat giginya mulai dikerik, pasalnya mereka tanpa diberikan obat bius, gigi mereka akan kerik dan dipahat oleh batu.

Suku Mentawai percaya bahwa manusia memiliki dua wujud yakni arwah dan tumbuh yang dapat binasa. Manusia senantiasa biasa akan terkena ancaman dan penyakit yang ditabrak kedunia lain, bila jiwa mereka  tidak puas dengan penampilan fisik, oleh karena itu meruncingkan gigi dilakukan dalam upaya mempercantik diri agar jiwa mereka bahagia dan berumur panjang.

4. Surga Bagi Peselancar

Surfing di Kepulauan Mentawai

Photo :
  • http://www.sesawi.net/

Mentawai bisa dikatakan sebagai surganya bagi para peselancar di dunia, pantai-pantai ini di kepulauan ini mengeluarkan gelombang ombak tertinggi di dunia yang bisa mencapai 3 sampai 4 meter, salah satu pantai yang paling dikenal oleh para peselancar di pantai Nyang Nyang.

Pantai tersebut terkenal hingga mancanegara berkat ombaknya di sebut-sebut sebagai terbaik ketiga di dunia. Kedahsyatan ombak ini bisa dirasakan pada bulan Juni hingga Agustus, bakan ketinggian ombaknya pun mencapai 4 meter.

5. Rumah Paul Walker

Paul Walker.

Photo :
  • Autoevolution

Dikabarkan Almarhum Paul Walker mempunyai rumah rahasia di Pulau Mentawai, rumah tersebut berada di tengah hutan, Sayangnya Bintang Fast And Furious itu tidak memberi tahu tempat letak rumah tersebut. Dia mengaku sangat menikmati suasana sekeliling rumahnya dan sering mengambil buah yang tumbuh di sekitar rumah nya.

Menurut Paul Walker sebelumnya tidak ada jalan ke rumah itu sehingga harus membuka jalan sendiri ke jalan tersebut, di rumahnya pun tidak ada listrik dan hanya menggunakan lilin, sesuatu yang sangat disukai oleh Paul Walker dari rumah tersebut adalah kehangatan cuacanya, ia menyebutkan pulai ini sebagai salah satu tempat terindah di bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya