Korea Selatan Buka Lagi Pintu Wisata, Ini Syarat untuk Berkunjung

Nami Island, Korea Selatan
Sumber :
  • VIVA/ Beno Junianto

VIVA Travel – Setelah lebih dari dua tahun menutup pintu dari wisatawan dunia karena pandemi COVID-19, akhirnya pada awal tahun ini Korea Selatan secara bertahap kembali menyambut kedatangan wisatawan. Wisatawan Indonesia pun sudah bisa mengajukan permohonan visa jangka pendek (C-3) mulai tanggal 1 Juni 2022. Korea Selatan juga mulai menerapkan bebas karantina untuk mempermudah masuknya wisatawan.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

“Beberapa negara mulai membuka pintu mereka dan Korea juga mengikutinya. Pemerintah Korea sudah membuka semua pengajuan visa termasuk visa untuk traveller,” kata First Secertary Embassy South Korea In Jakarta, Park Jae Song dalam pres conference, di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis 7 Juli 2022.

Di sisi lain, mengenai pengajuan visa, pemerintah Korea juga telah membuka pengajuan multiple visa terutama untuk wisatawan. Mengingat begitu banyak benefit yang bisa diterima wisatawan.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

“Multiple visa sangat krusial karena kamu bisa visit Korea kapanpun dan di manapun,” lanjut dia.

Wisata Korea Selatan

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq
Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Sementara itu, untuk pengurusan dokumen visa khususnya untuk wisatawan sendiri untuk bisa dikeluarkan membutuhkan waktu 6 hari. Sedangkan untuk multiple visa hanya 2 hari.

“Apa yang perlu diingat ketika apply visa, adalah siapkan dokumen, pastikan akurat dan komplit. Kalau dokumen tidak komplit proses visa kita bisa delay bisa 1-2 minggu jadi sangat penting dan sebenarnya visa itu sangat sederhana,” ujar dia.

Di sisi lain, Public Relation and Media Manager KTO Jakarta, Irma Maulida juga mengungkap terkait dengan ketentuan PCR. Bagi wisatawan yang ingin ke Korea untuk melakukan PCR selama tiga hari sejak kedatangan.

“Within 3 days. Misal hari ini terbang. Kemudian besok Jumat. Sejak Jumat, Sabtu, Minggu udah harus PCR,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya