Korea Selatan Kenalkan Konsep Wisata Baru 'Glocal', Seperti Apa?

Geoje Oede Botania di provinsi Gyeongsangnam
Sumber :
  • Visitkorea.or.kr

VIVA Travel – Korea Tourism Organisation (KTO) memperkenalkan konsep seru dalam berwisata ke Korea Selatan. Umumnya, wisatawan akan mengunjungi kota-kota besar atau resor.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Sementara itu, tren yang berkembang belakangan ini adalah mengunjungi tempat-tempat yang memiliki karaketristik lokal. Konsep tersebut disebut dengan “Glocal”, gabungan dari dua kata global dan lokal, di mana keunikan budaya suatu tempat dapat tersebar ke berbagai komunitas internasional.

Konsep ini menjadi mungkin dengan berkembangnya jaringan transportasi yang akan membawa wisatawan ke berbagai daerah dengan mudah dan cepat. Ditambah lagi, ketersediaan informasi pariwisata menjadi mudah diakses melalui media dan media sosial.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Korea Selatan adalah negara yang sangat cocok untuk wisata Glocal karena Korea Selatan memiliki sistem transportasi yang sangat baik, yang mencakup layanan kereta api cepat, yang dapat membawa wisatawan kemana saja dalam waktu yang cepat.

Ice rink di Bandara Incheon, Korea Selatan

Photo :
  • Istimewa
Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Setiap daerah secara unik berbeda berdasarkan geologi dan cuacanya. Wisatawan akan lebih menikmati pesona budaya tradisional yang terpelihara dengan baik di setiap daerah. Beberapa wilayah yang menjadi tujuan wisata glocal adalah Daegu.

Berbicara mengenai Daegu, aktris Dea Annisa diketahui memiliki pengalaman menarik saat berkunjung ke sana.

“Gak hanya di kota tapi di daerah, aku biasanya ke daerah lokal kayak Daegu, Incheon karena enggak hanya kota aja yang indah di daerah juga,” kata Dea Annisa saat ditemui di acara KTO, di Grand Hyatt Jakarta Pusat, Kamis 7 Juli 2022.

Beberapa destinasi yang dikunjungi oleh Dea Annisa adalah tempat lokasi syuting drama Korea, hingga pasar lokal untuk menikmati makanan otentik atau asli Daegu.

“Aku suka beli makan aneh cari pasar, beda daerah beda makanan. Seomun market di Daegu aku nemuin Raw Octopus, sama sate yang isinya aneh-aneh,” ujar dia.

Selain itu, beberapa wilayah yang menjadi tujuan wisata Glocal dengan keunikannya masing-masing antara lain:
- Incheon
- Gangwon-do
- Daejeon
- Chungcheongnam-do
- Chungcheongbuk-do
- Daegu
- Jeollabuk-do
- Jeollanam-do
- Gyeongsangnam-do

“Kalau yang mau coba Glocal coba cari lokasi yang dekat dengan Seoul kurang dari 2 jam seperti Daegu, Daejon, biar enak. Di sana ada wisata sejarah, kuliner, K-drama seperti di Daegu ada lokasi syuting drama What’s Wrong with Secertary Kim,” kata PR & Media Manager KTO Jakarta, Irma Maulida.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya