Festival Kreatif Lokal Digelar Lagi, Sandiaga Uno Punya Harapan Besar

Menparekraf Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Travel – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang ketiga kalinya. Menggandeng Adira Finance, FKL kali ini mengangkat tema 'Desa Wisata Ramah Berkendara', dan akan diadakan di 5 Desa Wisata di wilayah Jawa dan Bali, mulai Agustus hingga November 2022.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

"Saya menyambut baik kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Adira Finance dengan mengadakan kegiatan Festival Kreatif Lokal secara konsisten dan berkelanjutan," kata Sandiaga pada acara Press Conference Festival Kreatif Lokal 2022 yang digelar Jumat, 12 Agustus 2022 di Desa Wisata Undisan, Kabupaten Bangli, Bali.
 
"Dengan adanya sinergi yang kuat antar kedua belah pihak, besar harapan bahwa ekosistem destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan terus maju,” sambung dia. 

Bali -ilustrasi-

Photo :
  • VIVA/Ezra Sihite
Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila, mengatakan bahwa Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar untuk membantu ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM. 

"Hal ini sejalan dengan visi menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan kami sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga untuk mensukseskan tujuan tersebut, maka kami memandang perlu untuk terus menjalin kerjasama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI," kata dia. 

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Festival Kreatif Lokal 2022 mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara. 

Festival Kreatif Lokal 2022 diadakan di 5 Desa Wisata di daerah Jawa dan Bali yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Kelima desa wisata tersebut antara lain:

Peresmian 5 Desa Wisata Ramah Berkendara

Photo :
  • Adira Finance

1. Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat
2. Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
3. Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta
4. Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur
5. Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali

Rangkaian Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi:

Desa Wisata Kreatif
Yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value. Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari kelima Desa Wisata.

Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara 
Ini adalah kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital. 

Festival Pasar Rakyat
Sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu, ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya