Terkait Kenaikan Harga Tiket Pesawat, Ini Siasat Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Beberapa waktu belakangan ini harga tiket pesawat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini menyusul dengan kenaikan harga avtur dunia.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Harga tiket pesawat sering kali menimbulkan perkara serius di tengah-tengah masyarakat. Terutama saat menginjak masa pandemi COVID-19, berbagai biaya hidup hingga harga tiket pesawat sangat mencekik rakyat.

Terkait dengan harga tiket pesawat yang belakangan ini mengalami kenaikan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno pun angkat bicara.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Dirinya mengungkap bahwa pihaknya tengah berkoordinasi dengan kementerian lembaga dan dunia usia untuk bisa menambah jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi.

Ilustrasi check-in tiket pesawat terbang di Bandara Soetta

Photo :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)
Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

“Ini yang jadi salah satu tantangan kita saya berkoordinasi dengan kementerian lembaga dan dunia usaha bagaimana bisa menambah jumlah penerbangan, menambah ketersediaan kursi,” kata Sandiaga kepada awak media saat ditemui di Ayana Midplaza Jakarta Pusat, Senin 15 Agustus 2022.

Lebih lanjut diungkap oleh Sandiaga, kenaikan harga tiket pesawat ini terjadi bukan hanya di Indonesia melainkan juga di seluruh dunia. Maka dari itu penting menurut ya untuk melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan sejumlah pemangku untuk mengatasi masalah ini.

“Ini bukan terjadi di Indonesia saja kita dapat briefing dari bank dunia bahwa seluruh destinasi di dunia menghadapi harga avtur sehingga kita perlu kolaborasi dan kerjasama-kerjasama dimana pariwisata ini bergerak juga menjadi pariwisata personalize, localize kita harapkan destinasi seperti lima destinasi prioritas termasuk Bali interkoneksinya koneksinya ditingkatkan secara totalitas,” ujar Sandiaga.

Pengisian avtur di pesawat

Photo :
  • Pertamina

Sandi juga mengungkap bahwa selain pesawat akan ada sejumlah transportasi lainnya yang ingin dikembangkan. Sehingga bisa menyasar sejumlah destinasi wisata domestik.

“Ini selain maskapai penerbangan ada sarana transportasi lainnya yang kita kembangkan sehingga tujuan wisata bukan hanya yang wisata mancanegara tapi karena domestik market kuat ini bisa gunakan untuk mensiasati harga tiket yang mahal,” ujar Sandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya