Intip Indahnya Sky Lancing Tampah Lokasi Paralayang di Mandalika

Sky Lancing Tampah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar

VIVA Lifestyle – Mandalika di Lombok memiliki deretan pantai yang cantik dan indah. Deretan pantai tersebut berada dekat dengan Sirkuit Mandalika.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Selain memiliki pantai-pantai yang cantik, ada juga lokasi paralayang yang memiliki pemandangan yang begitu indah. Lokasi tersebut bernama Sky Lancing Tampah.

Keindahan Sky Lancing sebagai lokasi paralayang diapresiasi Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau, Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto. Dia mengatakan lokasi itu sangat tepat dijadikan pusat olahraga dirgantara. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

"Alhamdulillah, hari ini Bukit Lancing kita resmikan menjadi pusat olahraga dirgantara di NTB," ujar Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto, pekan lalu. 

Menurut dia, lokasi Sky Lancing cukup bagus dan menarik. Sebab, berada di kawasan destinasi wisata yang tidak jauh dari kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Karena itu, pihaknya berharap Sky Lancing ini bisa dikembangkan supaya lebih maju dan berkembang. 

"Yang utama, para atlet paralayang di NTB, bisa terus berkembang dan bisa meningkatkan kemampuan dan skill olahraga dirgantaranya. Doa saya, semoga olahraga paralayang bisa berkembang di NTB," ujarnya.

Adanya Sky Lancing paragliding, tentunya olahraga dirgantara di NTB, bisa terus berkembang dan bisa memberikan dampak bagi kemajuan pariwisata di Lombok Tengah. Selain itu, lokasi ini bisa menjadi pendukung destinasi wisata di KEK Mandalika. 

"Semoga ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB," ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa lokasi olahraga paralayang ini harus bisa memberikan dampak dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, baik itu UMKM maupun para pelaku wisata. 

"Ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, sehingga potensi ini harus dikembangkan untuk meningkatkan pembangunan di NTB," katanya.

Danlanud ZAM, Kolonel Pnb. Endri Kargono, mengatakan keberadaan Sky Lancing ini, justru tidak lepas dari kemurahan hati pemilik lokasi yakni, Santo dan Baiq Farida yang mengembangkan kawasan ini. 

Menurut Danlanud, latar belakang dibuatnya Sky Lancing, lantaran banyaknya bibit atlit dirgantara NTB. Namun terkendala minimnya tempat latihan, sehingga pembinaannya juga terbatas.

"Dari situ, Mas Santo dan Mbak Ida, lantas menginisiasi menjadikan lokasinya untuk dijadikan lokasi pembinaan bagi atlet dirgantara, agar pembinaan atlet NTB, enggak sampai terputus, lantaran ketiadaan lokasi berlatih," kata Kolonel Pnb. Endri Kargono.

Tidak hanya menjadi pusat olahraga paralayang, lokasi tersebut saat PON 2028 akan dijadikan lokasi lomba cabang olahraga paralayang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya