Jumlah Wisman ke Bali Mendadak Meningkat, Ini Sebabnya

Sejumlah wisatawan mengunjungi kawasan Pura Besakih di Karangasem, Bali (foto ilustrasi)
Sejumlah wisatawan mengunjungi kawasan Pura Besakih di Karangasem, Bali (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA Travel - Pandemi COVID-19 membuat pariwisata Indonesia ikut terpuruk, termasuk kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Namun, kini perlahan Pulau Dewata mulai bangkit. Bahkan, minat turis untuk plesiran ke Bali mengalami peningkatan akhir-akhir ini. Salah satunya, karena baru digelar pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022. 

Pameran FHTB sendiri telah resmi berakhir pada 24 September 2022 lalu. Event yang berlangsung selama tiga hari bersama Retail Indonesia ini sukses menggaet 12 ribu pengunjung, 300 perusahaan serta lebih dari 1000 merek dagang di industri pariwisata (Tourism), perhotelan (Hospitality), serta makanan dan minuman (F&B) lokal maupun internasional, yang bergabung sebagai peserta pameran. Yuk, scoll

Event Director FHTB 2022 Juanita Soerakoesoemah mengatakan, telah terjadi banyak jaringan bisnis selama pameran berlangsung melalui berbagai acara dan program yang ditawarkan. Selain menggelar pameran produk suplai F&B dan Perhotelan dari 26 negara berbeda, FHTB 2022 juga menghadirkan berbagai kegiatan lain seperti workshop, seminar, kompetisi, hingga masterclass. 

“Selain pertemuan bisnis, pengunjung dan customer dapat belajar secara langsung dari praktisi ahli atau profesional mengenai tren dan inovasi terkini dalam industri ini melalui beragam feature event yang dihadirkan berkat dukungan partner asosiasi terkait,” terang Juanita dalam keterangannya, Kamis 6 Oktober 2022. 


 
Selama tiga hari, telah terlaksana berbagai acara pendukung, di antaranya 11th Salon Culinaire Bali oleh Bali Culinary Professional (BCP); Barnation oleh Asosiasi Bartender Indonesia (ABI); Wine Masterclass oleh Indonesia Sommelier Association (ISA) Bali Chapter; Gelato Workshops oleh Lotus Food Service; Seminar seputar Industri dan FHTB TV Programme melalui kanal Youtube Food & Hospitality Series_ID.

Dalam 11th Salon Culinaire Bali dihadirkan 20 kelas kompetisi memasak. Peserta berasal dari kalangan profesional dan pelajar di bidang kuliner baik dari dalam negeri maupun luar negeri tetangga di Asia Tenggara. 

Sementara itu, beragam industri seminar juga dihadirkan dalam FHTB 2022. Satu di antaranya yakni seminar tentang menjadi Chef profesional yang konsisten dalam rasa dan kualitas, serta ahli dalam efisiensi bahan baku.