Pariwisata dalam Genggaman, Promosi Desa Wisata dan Acara Tradisional Melalui Cokelat

Menparekraf, Sandiaga Uno Bersama Para Pemenang Lomba Berkreasi
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Pariwisata Indonesia dengan kekayaan alam dan budayanya yang beragam telah lama dikenal sebagai salah satu pendorong utama ekonomi nasional. Namun, untuk mengoptimalkan potensinya, diperlukan sinergi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Salah satu contoh kolaborasi menarik adalah melibatkan industri snack, khususnya cokelat.

Kemasan Guna Ulang Dinilai Perlu Digalakkan untuk Kurangi Timbunan Sampah Plastik

Kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta bisa menghasilkan promosi pariwisata yang lebih efektif. Pemerintah memiliki peran dalam menetapkan kebijakan, infrastruktur, dan fasilitas pariwisata. Sementara sektor swasta, termasuk industri snack cokelat, dapat berkontribusi dalam mempromosikan destinasi wisata melalui branding dan pemasaran. Scroll lebih lanjut ya.

Industri snack cokelat memiliki jangkauan luas di masyarakat. Menggunakan kemasan produk cokelat sebagai media promosi pariwisata bisa menjadi strategi cerdas. Salah satunya yang digunakan oleh KitKat.

Subak Jatiluwih Bali Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik Dunia Versi UN Tourism

Mereka berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dengan penyelenggaraan KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja tahun ini. Kompetisi ini menjadi latar belakang kelahiran enam kemasan KitKat® terbaru yang mengusung tema pariwisata seperti desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling. Menariknya, semua desain tersebut merupakan karya asli anak bangsa.

Pemkot Gelar Nobar Laga Indonesia vs Irak di Depan Balai Kota Solo, Gibran Ikut?

"Saya berharap kompetisi ini dapat melahirkan talenta dan karya-karya yang mengharumkan negara kita, Indonesia baik nasional maupun internasional," kata Sandiaga Uno.

Tahun ini, kompetisi menarik perhatian yang signifikan dengan peningkatan peserta hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Sebanyak 602 desain dari seluruh Indonesia diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari perwakilan Kemenparekraf RI, KitKat, dan para ilustrator terkenal.

Emira Bunga Ramadhan, Pemenang Utama 1 Kategori Individu KitKat Berkreasi

Photo :
  • ist

Hasilnya, terpilih 6 orang pemenang. Desain kemasan spesial pariwisata dari KitKat Breakreasi #DiIndonesiaAja ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada 15 Agustus 2023 di berbagai minimarket dan toko souvenir selama persediaan masih ada.

"Tidak menyangka karya saya terpilih sebagai salah satu pemenang kemasan KitKat edisi khusus pariwisata. Kekayaan budaya Indonesia sungguh menginspirasi dalam menyalurkan hobi desain saya, salah satunya Kampung Minang Nagari Sumpu dari Sumatera Barat," ujar Emira Bunga Ramadhan, Pemenang Utama 1 Kategori Individu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya