Tips Praktis Liburan ke Luar Negeri

Ilustrasi kalender liburan
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Melakukan wisata keluar negri memang hal yang mengasyikkan. Selain mendapat pengetahuan baru tentang budaya negara lain, kita juga bisa berbagi pengalaman kepada orang-orang terdekat.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Tetapi, liburan ke luar negeri butuh persiapan yang lebih banyak dibanding liburan domestik. Apalagi, jika destinasi liburan Anda adalah negara-negara di Eropa atau benua Amerika. Berikut hal yang harus diperhatikan dikutip dari situs travel Trip Advisor:

1. Travel Warning

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Pastikan negara yang hendak Anda kunjungi adalah negara yang tidak termasuk daftar travel warning, baik karena adanya epidemi tertentu, konflik politik atau tengah dalam kondisi darurat perang. Pasalnya, hal itu akan menyulitkan Anda pada saat pemeriksaan di imigrasi.

2. Perhatikan masa berlaku paspor

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Anda perlu memastikan masa berlaku paspor Anda karena tidak sedikit negara yang tidak menerima, jika masa berlaku paspor Anda kurang dari satu tahun. 

3. Persiapkan visa

Pengurusan visa ke kedutaan negara tujuan sebaiknya dilakukan sebulan atau paling lama dua minggu sebelum keberangkatan. Saat ini sudah bisa melakukan pengurusan visa secara online untuk mempermudah Anda.

4. Konfirmasi tiket perjalanan 

Tentukan maskapai yang menuju ke negara yang Anda tuju dan lakukan pembelian tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Selain mendapat harga yang lebih murah, Anda juga bisa leluasa mengubah waktu keberangkatan jika terjadi hal darurat. 

5. Periksa kesehatan

Hendaknya dilakukan pengecekan kondisi kesehatan Anda saat akan melakukan perjalanan guna menimalisir gangguan pada kesehatan Anda. Pelajari terlebih dahulu situasi kondisi negara tujuan karena adanya perbedaan cuaca, iklim, atau yang lainnya.

6. Siapakan dana yang cukup

Carilah informasi tentang mata uang setempat serta nilai tukar, untuk mengetahui berapa banyak yang Anda perlukan selama perjalanan. Perkirakan pula jumlah pengeluaran untuk transportasi, konsumsi, dan akomodasi lainnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya