Hiking: Jalan-jalan Alam yang Menyehatkan

Ilustrasi wanita naik gunung
Sumber :
  • iStock

VIVAlife – Lelah bolak-balik pusat kebugaran, namun berat badan ideal yang diinginkan tak kunjung tercapai? Mungkin Anda harus mencoba olah raga lain yang lebih menantang. Salah satu yang bisa dijajal adalah berolahraga dengan mendaki gunung alias hiking.

Ya, aktivitas hiking terbukti efektif membakar kalori tubuh sampai 350 kalori per jam. Selain itu, pemandangan alam yang disajikan pegunungan tentu akan membuat pikiran nyaman, dan sejenak lupa akan rasa letih yang ditimbulkan.

Klub Milik Orang Indonesia, Como Resmi Promosi ke Serie A Italia

Jika Anda tertarik melakukan olah raga hiking, beberapa tips ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan sebelum berangkat. Informasi ini kami lansir dari laman Health.

Pilih jalur tepat
Sebelum melakukan ekspedisi olah raga hiking, pastikan Anda mengetahui medan yang akan dilewati. Suhu, tinggi, dan panjang jalur daki, keadaan alam sekitar serta tingkat bahaya jalur yang akan didaki. Lengkapi diri dengan perlengkapan mendaki seperti kompas, jas hujan, tenda, dan kotak P3K, agar pendakian berjalan lancar serta aman. Jika Anda pendaki pemula, pilihlah jalur yang cukup landai dan tidak terlalu jauh. Buatlah perjalanan terasa nyaman dan jangan sampai tersesat.

Lakukan dengan benar
Jika sudah menyangkut keselamatan di jalur daki, tak boleh lagi asal berangkat. Karena jika cedera, nyawa taruhannya. Cobalah lakukan olah raga mendaki dengan benar, jangan terlalu memaksakan diri. Jika lelah, berhenti sejenak di pos penjagaan yang ada di sekitar jalur daki. Jangan lupa mencukupi tubuh dengan air, agar terhindar dari dehidrasi di tengah perjalanan.

Pelan-pelan saja!
Bagi pemula, tentu sulit menerapkan olah raga dengan cara mendaki. Untuk itu, lakukan secara perlahan dan jangan langsung mencoba jalur berat. Jajal jalur-jalur kecil dengan tingkat keterjalan rendah. Anda bisa mencoba mendaki bukit terlebih dahulu, agar faktor alam tidak terlalu membahayakan.

Selama pendakian, aktivitas olah raga yang juga bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan rindangnya pepohonan atau semak hutan. Anda bisa melompati semak, melakukan pull-up di batang pohon yang lebih tinggi, dan melakukan aktivitas lain, sambil menikmati pemandangan indah di sekitar tempat pendakian. Selamat mendaki kawan! (art)

Rizky Febian dan Mahalini

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk

Rizky Febian dan Mahalini akhirnya resmi menikah. Berita-berita terkait hal ini pun sukses memantik perhatian pembaca. Satu yang tak kalah dilirik soal keluarga Mahalini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024