Branding Candi Borobudur Dipasang di Belanda

Candi Borobudur.
Sumber :
  • REUTERS/Andreas Fitri Atmoko/Antara Foto
VIVA.co.id
Ide Gila Pimpinan MPR Gaet Wisatawan Mancanegara
- Kerjasama Provinsi Jawa Tengah dengan negara kincir angin Belanda meluas. Terakhir, keduanya menjalin kerjasama spesifik di bidang pariwisata, dengan membuat kesepakatan pemasangan media branding Candi Borobudur di sejumlah gerbong kereta api di Belanda.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, kesepakatan branding wisata dunia di Magelang, Jawa Tengah, hal itu setelah dirinya berkunjung ke Negeri Kincing Angin pada 3-5 Oktober 2015. Baik Jateng maupun media branding Belanda, akan serius melakukan Memorendum of Understanding (MoU) pada 10 November 2015 di Rotterdam.
Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea


"Kerja sama dilakukan antara PT Taman Candi Borobudur, Prambanan dan Ratuboko dengan Exterion Media dari Belanda, " kata Ganjar di Semarang, Senin, 19 Oktober 2015. Dijelaskan, konsep branding pariwiata itu, secara umum adalah dengan memasang branding promosi Candi Borobudur di sejumlah gerbong kereta api atau trem Belanda yang berjalan di rute lokal.


"Dengan MoU media branding ini harapan kami dapat lebih memopulerkan Candi Borobudur di mata penduduk Belanda, hingga menarik minat wisatawan Belanda ke Jawa Tengah, " jelasnya.


Dalam kunjungannya di Belanda, Ganjar bahkan sempat mengajak pelaku wisata Jateng membuat kesepakatan untuk membuat paket-paket wisata khusus dari Belanda ke Jateng. Paket wisata itu sebagian banyak ditujukan bagi wisata minat khusus. Di antaranya, tracking Merapi dan tour ke Dieng serta living in Karimunjawa.


"Bahkan KBRI Belanda akan mengirimkan travel blogger dan travel writter dari Belanda pada awal tahun 2016 untuk melihat langsung paket wisata minat khusus tersebut, " imbuh politisi itu.


Dalam kunjungan ke Belanda, gubernur melakukan pertemuan dengan pengelola Museum Militer Broonbeek. Dalam pertemuan itu dilakukan penandatanganan Letter of Intent antara Pemprov Jateng dan Direktur Museum Militer Bronbeek.


Perjanjian ini berisi kerjasama peningkatan manajemen museum di Jateng, produksi konten multimedia mengenai hubungan sejarah dan budaya Belanda dan Jateng, pertukaran informasi mengenai koleksi museum dan penyelenggaraan pertunjukan atau pameran bersama.


"Pemerintah Belanda sekaligus mengundang kita berpartisipasi dalam Festival Gamelan Internasional di Amsterdam dan Brussel, Belgia pada September 2017," jelasnya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya