Instalasi Seni dari Kalung Tanda Pengenal Tentara

Instalasi Seni Above and Beyond
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id – Sebuah instalasi seni dipamerkan di Harold Washington Library, Chicago. Pameran ini digelar untuk mengenang jasa para tentara Amerika yang meninggal dalam Perang Vietnam. Instalasi seni yang diberi nama "Above and Beyond" ini terdiri atas 58.000 replika dog tag (kalung tanda pengenal yang digunakan militer).

Kaesang Pangarep Kenakan Kemeja Unik, Ini Penciptanya

Puluhan ribu kalung ini terpasang di langit-langit museum dengan luas instalasi mencapai 37 meter persegi. Dalam setiap kalung terdapat nama tentara, markas militer dan tanggal wafat. Museum ini juga menyediakan panel khusus untuk memudahkan para pengunjung mencari letak kalung veteran yang mereka cari.

Dilansir Amusing Planet, Above and Beyond dibuat oleh seniman bernama Ned Broderick, Rick Steinbock, Joe Fornelli, dan Mike Helbing pada 2001.

Karya Lukis Tak Biasa Pakai Alat Make-up

Awalnya, instalasi seni ini dipasang di National Veterans Art Museum, Chicago. Ketika museum tersebut dipindahkan ke Portage Park pada 2012, instalasi ini disimpan di gedung South Loop sebelum akhirnya benar-benar dicopot pada Mei 2013.

Kalung-kalung ini akhirnya hanya disimpan selama empat tahun, karena pihak museum belum menemukan tempat yang tepat untuk kembali menggantungkan kalung-kalung itu.

Pria Filipina Bikin Miniatur Donald Trump dari Sandal Jepit

Beberapa lokasi yang pernah dipertimbangkan untuk memamerkan instalasi ini adalah bandara, Navy Pier dan South Shore Cultural Center. Instalasi ini akan dipajang di Harold Washington Library hingga 2020.

Baca Juga:

Instalasi Seni 3D di Bandara Changi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya