Berani Jajal Lima Lift Terunik di Dunia Ini?

Ilustrasi Elevator
Sumber :
  • Pixabay/Hans

VIVA.co.id – Elevator atau yang lebih kita kenal dengan sebutan lift sudah lazim jika ditemukan di gedung pencakar langit. Ruang sempit yang umumnya berbentuk kotak tersebut berfungsi mengantarkan pengguna melintasi ketinggian, baik naik maupun turun.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Namun, di belahan negara lain terdapat beberapa lift yang dirancang khusus guna menyuguhkan konsep dan inovasi yang menarik perhatian. Seperti dilansir dari Daily Mail, ada lift tertinggi di dunia, lift tertua, sampai lift yang berada di tengah aquarium. Berikut 5 lift termegah dan unik tersebut.

AquaDom, Berlin, Jerman

Merasakan Naik Pesawat Komersial Tersingkat, Cuma 1,5 Menit Saja

Menjulang setinggi 25 meter, AquaDom memiliki lift yang beroperasi di dalamnya. Terletak di lobi Hotel Radisson Blu di Berlin, Jerman, lift tersebut dihadirkan guna memberikan pengalaman unik para pengunjung hotel dengan pemandangan bawah laut yang berisi ribuan ikan dari 97 spesies. Selain itu, akuarium raksasa yang dibuat pada 2004 ini juga dikenal sebagai akuarium silinder tertinggi dan terbesar di dunia.

Suhu Udara Terlalu Panas, Kota Ini Larang Warganya Berhubungan Seks

Bailong Elevator, Zhangjiajie, Cina

Lift yang juga dijuluki 'hundred dragon sky lift' ini terletak di Taman Nasional Hutan Zhangjiajie, Cina. Julukan tersebut melekat lantaran ketinggiannya yang luar biasa, mencapai 335 meter. Tak heran, pada 2013 silam Guinness Book Records menobatkan Bailong Elevator sebagai lift tertinggi dan termegah di dunia.

Tiga lift yang seluruhnya dilapisi kaca menawarkan penumpang pemandangan Taman Nasional dari dalam lift. Mulai dari sisi gunung, jurang, hingga panorama Taman Nasional dari ketinggian yang begitu menakjubkan. Masing-masing lift pun mampu menampung 50 kepala dalam satu kali jalan.

Hammetschwand Elevator, Swiss

Di saat kebanyakan orang menaiki lift dengan alasan memburu waktu, karena tangga dirasa bukan pilihan yang tepat, lift yang satu ini malah berbeda. Hammetschwand Elevator tercipta untuk membawa penumpangnya menyaksikan pemandangan menakjubkan Danau Luzern dan Hammetschwand di Swiss. Dan ternyata, lift ini sudah berdiri sejak tahun 1905 silam. Udara segar dan pemandangan indah dapat dinikmati dari sini.

Rockefeller Center, New York, Amerika Serikat
Berbeda dari yang sudah disebutkan, lift yang berada di Rockefeller Center ini mampu memacu adrenalin para penumpangnya. Lift tersebut dirancang transparan di kedua sisi, yakni sisi atas dan bawah. Jadi, selama perjalanan naik atau turun, para penumpang harus menghela nafas karena tempat yang dipijak tembus pandang.

Lift Santa Justa, Portugal

Lift yang kini menjadi obyek wisata ini sejatinya didirikan pada tahun 1901 oleh murid Alexandre Gustave Eiffel, pendiri menara Eiffel di Paris, dan satu-satunya lift dengan desain neo-gothic yang tersisa di Kota Lisbon. Lift berbentuk sangkar burung dengan interior yang sangat detil ini dapat membawa penumpang melihat keindahan Kota Lisbon dari ketinggian 129 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya