Aturan yang Harus Diketahui Ketika Berlibur ke Luar Negeri

Dua orang turis tengah melihat peta.
Dua orang turis tengah melihat peta.
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA.co.id – Setiap negara memiliki budaya serta aturan-aturan yang berbeda-beda. Seperti halnya di Indonesia, menggunakan tangan kiri merupakan hal yang harus dihindari karena mempunyai makna tidak sopan.

Selain Indonesia, Italia juga mempunyai norma-norma dalam memesan cappucino. Anda sebaiknya tidak memesan cappucino setelah makan pagi hari, hal ini dianggap mengejek orang. Berikut aturan yang harus diperhatikan ketika berlibur ke luar negeri, seperti dilansir laman Dailymail.

Indonesia

Banyak orang mengetahui bahwa bersentuhan dengan orang lain mempunyai batasan di Indonesia. Pengguna Quora, Raska Soenmantoro mengungkapkan bahwa pengunjung tidak boleh tersinggung apabila ada orang yang menolak berjabat tangan dan menolak untuk berpelukan. 

Ia menjelaskan, "Orang Indonesia tidak suka disentuh. Anda hanya bisa berjabat tangan atau melakukan tos dengan teman. Pelukan bisa dilakukan ketika Anda sudah sangat dekat dengan mereka."

Raska juga mengatakan bahwa tidak sopan untuk menggunakan tangan kiri ketika berhadapan dengan orang seperti berjabat tangan atau ketika melakukan pembayaran. 

"Orang kidal sangat jarang di dunia, tetapi jika Anda kebetulan menjadi salah satu orang kidal, usahakan untuk mengatakan permisi ketika menggunakan tangan kiri," katanya.