Lima Kota Terdingin di Dunia

Ilustrasi salju.
Sumber :
  • REUTERS/Dominic Ebenbichler

VIVA.co.id – Mungkin kita patut bersyukur tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Di mana suhu rata-rata sepanjang tahun tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Namun, bayangkan jika Anda tinggal di sebuah kota yang tidak pernah merasakan  cuaca hangat di sepanjang tahun.

Super Panas, Suhu di Irak Berpotensi Tembus 50 Derajat Celsius

Dilansir dari Travelerstoday, berikut ini beberapa kota yang terletak di kawasan Artik yang selalu memiliki suhu dibawah 0 derajat Celsius , bahkan bisa disebut kota dengan cuaca terdingin di dunia.

Dudinka, Rusia

Kota Ruteng NTT Biasanya Dingin Kini Jadi Panas, Suhunya 28 Derajat Celsius

Kota yang terletak di sepanjang Sungai Yenisei, Rusia ini memiliki populasi 20.000 jiwa dan merupakan salah satu kota paling utara di dunia.

Kota ini setiap tahunnya selalu di selimuti salju, sehingga membuatnya menjadi sasaran empuk bagi musim dingin. Suhu minimum rata-rata untuk kota ini selama Januari minus 33 derajat celsius. Rata-rata suhu tinggi adalah minus 24,5 derajat celsius.

Perusahaan Kripto Celsius Bangkrut

Harbin, China 

Kota terdingin berikutnya terdapat di Kawasan China bagian Utara, saking dinginnya, kota ini di kenal sebagai Ice City. Kota Harbin yang terletak di provinsi Heilongjiang berpenduduk 10 juta orang.

Pada musim dingin, kota ini nampak seperti bukit es dan salah satu kota es terbesar di dunia. Suhu untuk suhu terendah di kota ini berada di minus 42 derajat celsius.

Winnipeg, Kanada

Kota terdingin ketiga di pegang oleh koya Manitoba Winnipeg, Kanada. Ini adalah salah satu kota besar paling dingin di Amerika Utara, kota yang berpenduduk 715.000 orang ini bersuhu sekitar minus 20 derajat celsius. Sedangkan suhu terdinginnya berada pada minus 47 derajat.

Yakutsk, Rusia

Kota terdingin ke empat di pegang oleh Yakuts, Rusia. Kota yang terletak hanya sekitar 200 mil dari kutub utara ini memiliki 240.000 penduduk. Pada tahun 1891, suhu di kota ini tak mengenal ampun dan menyebabkan banyak orang tewas, yakni pernah mencapai minus 63 derajat celsius pada tahun 1891.

Yellowknife, Kanada

Kota ini pernah mendapat julukan kota terdingin di Kanada, pada tahun 1947 kota ini mencapai suhu terendahnya, yaitu minus 51 derajat celsius. Jangan heran, karena kota Yellowknife terletak di Wilayah barat laut Kanada, hanya sekitar 320 mil dari lingkaran kutub utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya