Ini Daerah di RI yang Masih Alami Fenomena Suhu Dingin

Sebagian wilayang Dieng tertutupi embun salju
Sumber :
  • Instragram

VIVA – Fenomena suhu dingin pada malam hari masih akan terjadi lantaran Indonesia mau memasuki musim kemarau. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan daerah-daerah di Indonesia yang masih akan merasakannya adalah daerah Jawa ke kawasan Timur Indonesia.

Pasien Penyakit Jantung, Waspadai Bahaya Liburan ke Negara Suhu Dingin

"Kalau kita bicara Indonesia pada umumnya Indonesia bagian selatan ekuator. Jadi dari daerah Jawa ke arah Timur ini kecenderungannya tidak akan ada ketutupan awan jadinya daerah-daerah Jawa ke Timur cenderung akan lebih dingin pada malam hari," ujar dia saat dikonfirmasi VIVA, Sabtu 7 Juli 2018.

Dia menjelaskan, daerah yang memiliki dataran lebih tinggi akan jadi yang paling merasakan hal tersebut. Dampaknya bagi para petani sayur di sana pun cukup bisa membuat mereka merugi.

Menyimpan Makanan Sisa di Lemari Es, Sampai Kapan Bisa Dikonsumsi Lagi?

"Di gunung kan sudah dingin, tapi karena ada proses tadi turunnya akan lebih rendah lagi, sehingga ada daerah-daerah yang akan turun embun salju. Air yang ada tergenang di permukaan membeku jadi es," kata Mulyono.

Ia menuturkan, untuk daerah pegunungan, hal-hal ini jadi bencana bagi petani sayur. Sebab, pagi harusnya muncul embun tapi karena suhu sangat rendah embun jadi beku. Dengan demikian air yang ada dalam daun-daun itu beku.

Suhu Dingin Ekstrim di Dieng, Kopi Susu Panas Berubah Jadi Es Krim

"Nanti pada saat air mencair siang, kena radiasi matahari kemudian itu jadi merusak sel. Kalau ini berlangsung sekali dua kali, lama-lama tanamannya busuk karena rusak sel tanamannya," ucapnya menyudahi. (ren)

Badai salju di Capitol Hill, Washington DC, AS

AS Dilanda Badai Salju Dahsyat, 33 Orang Tewas Dipicu Kecelakaan hingga Hipotermia

Badai salju di sebagian besar wilayah Amerika Serikat (AS), setidaknya telah menewaskan 33 orang pada Rabu malam, 17 Januari 2024

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024