Empat Gua Menakjubkan di Asia Tenggara

Gua Phraya Nakhon.
Sumber :
  • toggle

VIVA.co.id – Bagi Anda yang suka berpetualang, berjalan-jalan lah di sisi luar gua-gua di kawasan Asia Tenggara. Banyak gua-gua yang menakjubkan yang bisa dikunjungi.

Napak Tilas Para Perempuan Penjelajah yang Terlupakan

Sebagai alternatif, seperti dilansir laman Toggle, ada empat gua di Asia Tenggara yang sangat menakjubkan. Terlihat rahasia, bahkan memiliki lorong-lorong yang tersembunyi.

1. Gua Phraya Nakhon 

Amazing Muharram 10 : 10 Petualangan Bersama Al-Quran

Dianggap sebagai salah satu gua spiritual paling mistis di Thailand, Gua Phraya Nakhon menyimpan paviliun Kuha Karuhas yang megah. Gua ini dibangun pada akhir abad ke-19 untuk kunjungan Raja Chulalongkorn Agung (Rama V). 

Gua ini terletak di Taman Nasional Khao Sam Roi Yot, sekitar 45 menit berkendara dari Hua Hin. Adapun perjalanan di pertama menuju gua itu, memerlukan pendakian sekitar 30 menit melalui hutan yang rimbun, diikuti oleh jalur berbatu yang curam. Namun, harus hati-hati, lantaran terkadang langkah Anda akan menjadi licin. 

Terungkap, 7 Panduan Menjadi Petualang Seks Terhebat

Meski begitu, selama perjalanan itu hingga sampai ke gua, Anda akan disuguhkan dengan pandangan menakjubkan, seperti pandangan stalaktit (jenis speleothem (mineral sekunder) yang menggantung dari langit-langit gua kapur), jembatan batu alam dan paviliun yang terpancar langsung sinar matahari.

2. Gua gelap (Dark Cave)

Dark cave merupakan salah satu gua utama di bukit Batu Caves, Selangor, Malaysia. Dark Cave adalah rumah bagi beragam fauna. Tak ayal, gua itu juga menjadi rumah komunitas hewan yang berusia lebih dari 100 juta tahun, seperti laba-laba terlangka di dunia.

Seperti pada gua Phraya Nakhon, gua ini pun memiliki formasi berbentuk alam yang menakjubkan, termasuk adanya pandangan stalaktit, gua gorden, dan kolam asam.

3. Gua Sung Sot

Gua Sung Sot terletak di pusat Teluk Halong, Vietnam. Gua Sung Sot juga dikenal sebagai gua kejutan, yakni salah satu gua paling spektakuler. Untuk mencapai gua ini, banya dapat diakses melalui sebuah tangga yang curam. Gua dengan 10 ribu square meters (sq m) ini dipartisi menjadi dua ruang, pertama untuk melihat stalaktit yang menggantung di langit-langit. 

Gua itu, tersedia ruang dalam dengan langit-langit alam yang besar, yang memantulkan cahaya dari air yang bergerak ke luar, sehingga membuat formasi tampak hidup. Diketahui bahwa, gua itu diberi nama setelah reaksi mengejutkan pengunjung terhadap keindahannya.

4. Gua Son Doong

Gua Son Doong ini terletak di Vietnam dan merupakan gua terbesar di dunia. Gua Son Doong juga dilengkapi dengan hutan sendiri. Bagi siapa pun yang berkunjung ke gua itu, dipastikan akan mendapatkan pengalaman dari keseluruhan ekosistem di sekililingnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya