Selfie Sambil Menikmati Indahnya Bukit Pule Payung

Selfie di atas Bukit Pule.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Daru Waskita/ Yogyakarta

VIVA.co.id – Wisata berbasis alam semakin banyak pilihan di Yogyakarta seperti di Gunungkidul dengan Gua Pindul, sedangkan di Kabupaten Bantul ada juga Bukit Becici yang sempat viral usai dikunjungi mantan presiden Amerika Barrack Obama. Kini, wisata berbasis keindahan alam juga mulai ramai dikunjungi di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta.

Keren-keren! 5 Tempat Wisata Ini Bisa Diakses dari HeHa Ocean View

Pule Payung nama obyek wisata yang menampilkan keindahan alam dengan hamparan hijau pepohonan dan kesejukan udara yang berada di Perbukitan Menoreh yang membelah Kabupaten Kulonprogo.

Diberi nama Pule Payung, karena objek wisata ini terletak di Bukit Pule Payung, Dusun Soropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap. Objek wisata ini dibuka di atas lahan milik beberapa warga dengan luas mencapai dua hektar.

Tak Ada Habisnya, Ini 30 Destinasi Wisata Jogjakarta yang Bikin Rindu

Tak hanya menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara, obyek wisata Pule juga spot foto dengan latar belakang Waduk Sermo. Obyek wisata Pule Payung tak kalah cantiknya dengan wisata lain yang juga menggunakan Waduk Sermo sebagai daya tarik.

Dari cerita masyarakat setempat, di lokasi tersebut pernah ditumbuhi sebuah pohon pule berbentuk menyerupai payung dengan ukuran besar. Meski telah tumbang, warga setempat sudah menamai bukit di sana dengan nama Bukit Pule Payung.

Wisata Bak Negeri Dongeng di Seribu Batu Songgo Langit

Membahas apa saja yang ditawarkan Pule Payung kepada wisatawan, ada delapan spot foto menarik di sana, yang seluruhnya dijamin bisa memanjakan para pengunjung.

"Spot foto yang menjadi unggulan yakni Angkasa, Lolipop serta Jembatan Surga," kata ketua pengelola Pule Payung, Suratman, Senin 18 September 2017.

Sebelum melakukan soft opening pada bulan Juni 2017, pihak pengelola bersama dengan investor mempersiapkan objek wisata ini selama satu tahun dengan menghabiskan dana Rp2 miliar.

Pengelolaannya, kemudian ditangani warga setempat yang tergabung dalam kelompok tani Manteb Makaryo.

Beragam keunggulan yang ditawarkan di Pule Payung ternyata berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana. Di awal pembukaan saja, jumlah pengunjungnya mencapai sekitar 1.200 orang per hari. Mereka akhirnya terpuaskan, karena pengelola telah mempersiapkan seluruh alat perlengkapan keamanan di beberapa spot foto di atas ketinggian.

Wisata Edukasi

Selain menyediakan spot foto, pengelola juga tengah mempersiapkan paket wisata edukasi sehari bersama dengan warga setempat yang berprofesi sebagai petani. Para wisatawan akan diajak melihat dan terlibat langsung dalam aktivitas warga Perbukitan Menoreh. Area camping ground berkapasitas mencapai ratusan orang pun dikelola sebagai sarana pendukungnya.

Keindahan Objek Wisata Pule Payung diakui wisatawan asal Surabaya, Febrina Milania (17). Ia mengaku takjub dengan pemandangan yang disuguhkan di Pule Payung.

"Tempatnya bersih, pengelolanya juga ramah. Cukup puas berfoto di spot-spot yang ada," katanya.

Wisatawan lain, Novia Kharisma (25) juga mengungkapkan hal yang sama. Datang dari Jakarta, Novi beranggapan bahwa Pule Payung bisa menjadi obat bagi pengunjung yang merasa penat dengan di kota besar.

Selfie di atas Bukit Pule

"Spot fotonya bagus dengan keamanan yang memenuhi standar," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya