Bintang Film Pindah Gelanggang

Bintang Hollywood Will Smith kini membintangi film berbasis video on demand.
Bintang Hollywood Will Smith kini membintangi film berbasis video on demand.
Sumber :
  • REUTERS/Ivan Burnyashev

VIVA – Lama tidak muncul di layar lebar, tahun 2017 lalu dunia hiburan sempat dikejutkan dengan munculnya wajah aktor kawakan Will Smith di layar kaca, lewat original movies Netflix berjudul Bright. Netflix sendiri merupakan salah satu penyedia layanan streaming video-on-demand (VOD) yang pertama kali membuat film atau serial orisinil. Dana yang digelontorkan Netflix untuk membuat film bergenre thriller/fantasy itu juga terbilang fantastis, yakni US$90 juta atau sekitar Rp1,2 triliun.

Bright pun mendapat sambutan luar biasa dari para penggemar film, tak hanya di Amerika Serikat, namun juga seluruh dunia. Saking suksesnya, Netflix bahkan telah mengumumkan bahwa secara resmi film tersebut bakal dibuat sekuelnya.

Smith bukan aktor papan atas pertama yang memutuskan untuk menjajal film orisinil penyedia VOD. Sebelumnya, aktor senior Kevin Spacey telah lebih dulu bekerja sama dengan Netflix. Serial yang dibintangi Spacey, House of Cards tahun 2013 lalu menjadi karya orisinil pertama Netflix.

Bukan cuma Spacey dan Smith, hingga kini semakin panjang daftar aktor dan aktris kelas A Hollywood yang bermigrasi ke sejumlah layanan streaming VOD, seperti Netflix, Hulu dan Amazon. Mulai dari Aaron Paul, Paul Rodd, Natalie Portman, Idris Elba, Naomi Watts, Drew Barrymore, Sissy Spacek, Robert De Niro, Jonah Hill, Emma Stone, Jamie Dorman hingga Brad Pitt.

Brad Pitt

Bahkan, menurut laporan dari Variety, Robert De Niro adalah aktor film/serial orisinil VOD dengan bayaran tertinggi. Honornya mencapai US$850 ribu (Rp11,6 miliar) per episode untuk serial berjudul Untitled yang bakal tayang di Amazon, perusahaan layanan streaming VOD lain yang tak kalah terkenal.

Selain itu, film drama tentang aktivis hak asasi manusia Kamboja besutan aktris papan atas Angelina Jolie, First They Killed My Father juga tayang di Netflix September 2017 lalu. Menariknya, tak hanya para aktor dan aktrisnya, sejumlah sutradara kawakan Hollywood juga tak mau ketinggalan dan ikut membuat film untuk Netflix. Sebut saja sutradara Suicide Squad, David Ayer.