Jokowi Mencari Jodoh

Deklarasi dukungan Jokowi-Moeldoko oleh sejumlah organisasi di Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu, 18 Juli 2018.
Deklarasi dukungan Jokowi-Moeldoko oleh sejumlah organisasi di Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu, 18 Juli 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Sabtu pagi yang cerah, wajah Muhaimin Iskandar tampak semringah dengan terus melemparkan senyum. Tatapan matanya fokus menyimak sosok seorang pria.

Hari itu, politikus yang akrab disapa Cak Imin tersebut ikut menemani Presiden Joko Widodo meninjau venue Asian Games di komplek Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Mengenakan kaos putih berkerah dan celana panjang abu-abu, Cak Imin menempel Jokowi mengecek sejumlah venue baru. Ia pun bareng Jokowi sempat ikut menjajal olahraga bowling hingga dayung.

Tak lama usai mendayung, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu mampir di area khusus yang sudah disiapkan. Ditemani Jokowi dan Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding, akhirnya pria 51 tahun itu mengumumkan suatu hal.

"Saya nyatakan, Bismillahirrahmanirrahim, PKB mendukung pencalonan Pak Jokowi untuk 2019," kata Cak Imin, Sabtu, 14 Juli 2018.

Presiden Joko Widodo bersama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam kunjungan kerja di Palembang, Sumatra Selatan, pada Sabtu 14 Juli 2018.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Palembang

Momen sikap politik Cak Imin ini menjadi salah satu dinamika menjelang pendaftaran calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2019. Pernyataan keponakan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu seolah menegaskan posisi PKB yang memilih berkoalisi dengan Jokowi.

Dukungan PKB ke Jokowi menambah anggota koalisi sebelumnya yaitu PDIP, Golkar, PPP, Nasdem dan Hanura. Ada juga partai non parlemen seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Namun, dukungan PKB ke Jokowi ini bukan tanpa syarat. Cak Imin yakin namanya masuk bursa cawapres yang dikantongi Jokowi. Gayung bersambut, arah sikap Cak Imin direspons Jokowi. "Di saku saya itu bukan cuma nama Pak Muhaimin, tapi ada lima nama, semuanya punya rekam jejak yang bagus," ujar Jokowi di sebelah Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
img_title