Mimpi Mobil Listrik

Stasiun pengisian ulang Tesla untuk mobil listrik
Stasiun pengisian ulang Tesla untuk mobil listrik
Sumber :
  • Instagram/@teslamodellII

VIVA – Siang itu pameran Gaikindo International Auto Show 2018 tak seperti biasanya. Pengunjung berkumpul di satu titik. Mereka mengerumuni mobil mungil yang cuma muat dua orang.

Model mobil biasanya yang siap dijual, tapi prototipe. Pada pelat nomor, tertera tulisan E100. 

Seorang bapak dan anaknya tampak antusias. Begitu ada kesempatan, mereka masuk ke dalam kabin, pegang setiran, pencet sana-pencet sini. “Keren ya Yah,” ujar bocah cilik itu. “Ini mobil listrik. Enggak pake bensin,” jawab ayahnya.

“Hah, enggak nyetrum?” Kali ini ayahnya senyum sambil geleng kepala.

Pertanyaan yang diajukan bocah itu mungkin sering muncul. Menurut pandangan orang awam, segala sesuatu yang berhubungan dengan listrik sangat berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian.

Padahal, sebenarnya tidak. Bahkan mobil listrik ini sangat aman dan ramah lingkungan. Mobil tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali. Dan sudah ada di dunia sejak 100 tahun lalu. Memang belum secanggih seperti yang dijual saat ini, namun cara kerjanya tidak berbeda.

Selain bebas emisi, kelebihan lain yang dimiliki kendaraan berpenggerak setrum adalah perawatan yang cenderung minim. Karena hanya mengandalkan motor penggerak dan baterai, maka pemilik tidak perlu mengganti pelumas atau memeriksa air pendingin mesin secara berkala.