Nada Miring Generasi Z

Generasi Z.
Generasi Z.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bagi orang dewasa, teknologi yang ditawarkan melalui gawai alias gadget seperti dewasa ini, bisa dikatakan telah mengubah cara dalam menjalani hidup. Sebagai contoh, katakanlah kelompok demografi generasi Y, yaitu yang lahir pada awal 1980-an hingga 1994.

Setidaknya, mereka pernah menghadapi masa, di mana surat-menyurat menggunakan perangko menjadi andalan untuk mengirim kabar pada keluarga, atau merasakan pengalaman menerima kiriman uang melalui wesel. Begitu juga mengabadikan suatu momen dalam bentuk foto, musti dilakukan dengan rol film di dalam kamera.

Itu hanya sebagian contoh. Jika Anda lahir di dekade yang sama dengan penulis (akhir 80an), Anda tentu menjadi saksi sejarah kehadiran ponsel layar monokrom. Gadget ini ada yang dilengkapi antena kecil, bernada dering 'seperti suara tikus' karena saking nyaringnya.

Ilustrasi pesan singkqt SMS.

Ilustrasi SMS

Namun sudah cukup membuat orang-orang yang memilikinya bahagia - atau bahkan bangga - karena dengan layanan Short Messages Service (SMS) dan panggilan suara, komunikasi jarak jauh bisa berlangsung lebih cepat dan langsung. Tak peduli mereka membayar mahal untuk mengisi pulsa.

Generasi Y juga menjadi saksi ketika orang-orang mulai meninggalkan telegram (surat kawat) yang tarifnya dihitung per huruf, atau menulis makalah memakai mesin tik yang bunyi cetak-cetoknya bikin sungkan pada tetangga sebelah.