Awas Gelembung Bisnis Digital

Cermati Gandeng Bukalapak Luncurkan Fitur Pengajuan Kartu Kredit Online
Cermati Gandeng Bukalapak Luncurkan Fitur Pengajuan Kartu Kredit Online
Sumber :
  • Cermati.com

VIVA – Wajah serius diperlihatkan Achmad Zaky di rumah makan Garden Grill et Cetera, Cilandak, Jakarta Selatan. Saat itu, pendiri Bukalapak ini tengah melakukan pertemuan dengan sejumlah media massa nasional.

Sambil menatap satu per satu tamu yang hadir, Achmad Zaky membuka pembicaraan dan mengumumkan dirinya mundur sebagai chief executive officer (CEO) Bukalapak. Sesekali sambil menyilangkan kaki, pria berusia 33 tahun itu menceritakan alasan pengunduran dirinya.

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad ZakyFounder Bukalapak Achmad Zaky

Dalam suasana hening kala itu, Zaky panggilan akrabnya menceritakan perjalanan Bukalapak dari sejak berdiri hingga saat ini. Sesekali terdengar ada pertanyaan bagaimana ke depannya dan apa langkah selanjutnya saat tak menjadi CEO Bukalapak.

Mundurnya Zaky menjadi rentetan peristiwa kurang mengenakan yang dialami salah satu unicorn dari Indonesia pada tahun ini. Sebab, pada September 2019, Bukalapak juga telah melakukan sejumlah langkah efisiensi.

Saat itu, satu dari empat unicorn Indonesia tersebut melakukan pengurangan karyawan dan menutup sejumlah kantornya di dua kota besar yaitu Medan dan Surabaya. Langkah tersebut diakui untuk mengurangi beban yang ditanggung perusahaan.

Head of Corporate Communications Bukalapak, Intan Wibisono, yang ditanyai perihal efisiensi membenarkan hal itu. Dia mengklaim, langkah itu adalah cara Bukalapak mengadaptasikan diri dengan dinamisnya perubahan di industri e-commerce.